Ducati Meradang : 2016 Sayap Ducati Dilarang, 2019 ‘Sayap’ Honda dan Suzuki Lolos !

0

RiderTua MotoGP – Ducati dalam hal ini Direktur Umum Ducati Corse, Gigi Dall’Igna diliputi tanda tanya besar. Semua tentang sayap baru yang muncul di GSX-RR Suzuki baru-baru ini… Kilas balik di musim balap 2016 Ducati menimbulkan kontroversi dengan model sayap inovatif. Namun panitia balap teriak bahwa bagian ini digolongkan dalam bagian yang berbahaya bagi keselamatan pembalap lain dan dilarang. Namun ketika  Dall’Igna mengamati evolusi desain sayap motor Honda dan Suzuki saat ini terlihat sama mengancamnya. Ducati Meradang : 2016 Sayap Ducati Dilarang, 2019 ‘Sayap’ Honda dan Suzuki Lolos !

2016 Sayap Ducati Dilarang, 2019 ‘Sayap’ Honda dan Suzuki Lolos

Ketika tim pabrik Ducati pada musim MotoGP 2016 muncul dengan sayap di bagian luar fairing, Wakil Presiden HRC Shuhei Nakamoto yang sudah pengalaman di Formula 1 menjadi oposisi yang menentang bahaya model winglet Ducati saat itu. Namun akhirnya peraturan mengizinkan sayap Ducati. Akhirnya pada 2017 sayap dilarang, namun desainer Ducati Gigi Dall’Igna tidak menyerah dan menyiasati larangan winglets dalam tes Sepang pada Februari 2017 dengan berganti judul menjadi ‘Aero Body’ yang menyatu di dalam fairing yang legal jika didasarkan pada peraturan. Efeknya sama dengan sayap Ducati 2016.. Pintar !

Tim pabrikan MotoGP lainnya, Honda, Yamaha, Ducati, Suzuki, KTM, dan Aprilia lambat laun meniru, karena tidak ada yang mau melewatkan keunggulan aerodinamika yang tak terbantahkan. Kecerdasan Ducati Gigi Dall’Igna telah terbukti sekali lagi menjadi solusi yang paling imajinatif dan inovatif di MotoGP.

Ducati Pernah Berencana Memprotes Sayap Honda

Untuk 2018 dan 2019, aturan Aero-Body direvisi beberapa kali. Gigi Dall’Igna selalu keberatan ketika sayap dianggap berbahaya. Namun disisi lain Aero-Body yang ada sekarang juga berkembang ke arah “membahayakan”. Dall’Igna menyatakan keprihatinannya kepada rekan-rekan Jepang dalam hal ini. Pada Maret 2019 Ducati bahkan ingin memprotes sayap Honda yang baru. Setelah musim 2017, sayap kembali dipakai, setahun sekali, pabrikan diizinkan untuk melakukan homologasi ( pengesahan desain) untuk tiap pembalap.

Ducati Meradang

Faktanya sekarang banyak sayap kecil yang aneh dan terkadang mengancam keselamatan. Penggunaan Aero-Body terbaru Suzuki menyebabkan kegemparan di Ducati Corse. “Aerodinamika dihomologikan oleh Suzuki sejak seri Brno dan mengingatkan kita pada sayap Ducati pada 2016, yang digolongkan oleh tim Jepang sebagai part yang berbahaya,” kata direktur olahraga Ducati Paolo Ciabatti.

Mungkin kedepan perselisihan itu akan usai. Peraturan aerodinamis baru sudah mulai digodok untuk tahun 2020. KTM dan pabrikan lain berpendapat untuk melucuti secara drastis bagain pengembangan motor yang mahal ini.

Artikel Terkait :

 

Leave a Reply