Spoiler Kecil di Roda Belakang Ducati Segera Dilarang Karena Hal Berikut Ini !


RiderTua WSBK – Beda dengan di MotoGP di Kejuaraan Dunia Superbike memungkinkan kebebasan dalam desain fairing. Ducati membawa spoiler yang disebut “deflektor air” di Imola. Dan harus melepasnya setelah dipakai sekali dalam sesi latihan bebas. Jika peraturan aerodinamis di MotoGP tidak boleh memasang sayap dengan tujuan utama efek aerodinamis. Dall’Igna memantahnya dengan alasan bahwa efek aerodinamis relatif kecil (hanya 3 hingga 4 kilogram pada kecepatan 180 km / jam). Dan lebih berfungsi dalam mendinginkan ban rata-rata 7 derajat.

Dalam latihan bebas ketiga di Kejuaraan Dunia Superbike di Imola Ducati pada hari Sabtu turun dengan spoiler kecil namun tidak melekat pada lengan ayun, tetapi merupakan perpanjangan dari panel bawah motor.

Sekali lagi Dall’Igna berusaha menemukan celah dalam peraturan. Dalam aturan dikatakan bahwa panel body harus  +/- 15 mm dari motor yang dihomologasi, di mana desain seperti itu sebenarnya tidak akan diizinkan. Dengan aturan ini artinya bahwa fairing dan mudguard pada prinsipnya harus sesuai dengan yang ada pada motor produksi yang dihomologasikan. Apakah motor superbike menggunakannya saat dipakai di jalan, beda dengan motor MotoGP…

Spoiler Kecil di Roda Belakang Ducati Segera Dilarang

FIM sendiri membedakan antara Superstock, Supersport dan Superbike. Superstock harus identik dengan sepeda motor produksi. Supersport memungkinkan fleksibilitas dalam desain fairing, Superbike bahkan lebih.

Dengan aturan ini pula maka Ducati Panigale atau Yamaha R1 membutuhkan fleksibilitas tertentu dalam aturan. Namun pada akhirnya FIM tidak mengizinkan Ducati di Imola memakai spoiler itu. Minggu ini, FIM akan memberi tahu Asosiasi Produsen MSMA bahwa mereka ingin membuat aturan lebih konkret untuk tahun depan, jadi semuanya jelas bagi semua orang. Itu artinya spoiler kecil di roda belakang Ducati segera dilarang pada Panigale V4R…

1 Comment

Leave a Reply