Sayap atau Aerowinglet Akan Dilarang Total di MotoGP ?



RiderTua MotoGP  – Setelah beberapa musim lalu pernah gonjang-ganjing tentang winglet yang disinyalir berbahaya dan akhirnya boleh dipakai namun terbatas dan tidak boleh berlebihan akhirnya masalah itu mencuat kembali. Diberitakan bahwa Tim KTM mengusulkan pada MSMA dimana mereka telah menyarankan agar menghentikan pengembangan di area itu (sebuah area yang dieksplorasi selama musim dingin, selama pengujian di Sepang). Sayap atau Aerowinglet akan dilarang total di MotoGP ?

Yamaha Masih Bandel dengan Winglet yang Dilarang di MotoGPMengapa beberapa tim justru ogah melanjutkan penelitian dan pengembangan di area ini? Pertama, manfaat yang diperoleh dari sayap pada sepeda motor balap jauh lebih kecil jika dibandingkan mereka gunakan pada mobil. Kedua dengan penggunaan winglet tim akan berlomba-lomba dalam desain sayap juga karena ini akan mengarah pada pengembangan tanpa batas, terutama dalam hal biaya.

Ducati menolak Keras !

Oleh karena itu KTM mengusulkan bahwa pengembangan aerodinamis dibekukan atau, jika mungkin, bahwa sayap dilarang secara definitif. Tetapi untuk mengusulkan perubahan regulasi tentang penggunaan sayap, semua produsen harus bersepakat. Dan pastinya Ducati sebagai “penggagas” winglet MotoGP akan menolak keras usulan itu.

Komparasi GP18 dan RC213V 2018

Pabrikan KTM Austria telah menemukan dua tim yang sepaham dengannya… Yup Honda menjadi yang terdepan setuju pelarangan itu diikuti oleh Suzuki. Sementara Yamaha dan Aprilia netral dan di sisi lain Ducati membuat barikade. Menentang keras karena sektor penelitian aerodinamis sebagai salah satu kekuatannya.

Pastinya pelarangan winglet ini tidak akan mudah dan begitu saja disetujui, bahkan jika semua setuju pasti akan ada perlawanan keras dari Ducati. Dimana dengan pengembangan sayap ini Ducati mampu bersaing dengan motor Jepang.



Be the first to comment

Leave a Reply