Takeo Yokoyama : Frame Karbon RC213V ? Masih Dalam Pengujian, Prioritas Tetap Marquez !

RiderTua MotoGP – Takeo Yokoyama, manajer teknis tim HRC menyatakan sejak Jorge Lorenzo tiba di Honda, dia sudah berbicara tentang varian yang dia tambahkan ke motor dibandingkan dengan yang dikendarai rekan setimnya, Marquez. Di Jepang mereka telah bekerja untuk memberi Lorenzo beberapa part penting yang memungkinkannya untuk melaju cepat. Tetapi apakah mungkin bagi pabrikan sayap emas itu untuk membuat dua sepeda yang berbeda? Atau tiga untuk Cal Crutchlow?.. Takeo Yokoyama berujar frame karbon RC213V  masih dalam pengujian, prioritas tetap Marquez !

Prioritas Tetap Marquez

Jelas, baik Marc Marquez, Jorge Lorenzo, maupun Cal Crutchlow tidak memiliki kebutuhan yang sama pada motor, maupun pekerjaan yang sama. Sesuatu yang dapat menyulitkan pengembangan motor untuk pabrikan dan tim, tetapi jika ada sesuatu yang jelas dari Honda prioritasnya adalah Marc Marquez. “Kami bekerja untuk mereka semua, tentu saja. Namun hal itu tidak begitu sering terjadi, sehingga pembalap mengikuti arahan atau permintaan yang sama sekali berbeda. Tetapi tentu saja, prioritas kami adalah Marc. Karena Marc adalah seorang juara, dia dapat memberikan komentar terbaik kepada kami, dan prioritas pertama adalah memenangkan gelar, bersama Marc. ”

Frame Karbon RC213V

Pabrikan tidak pernah berhenti bekerja dan Honda tahun ini telah mengambil langkah maju. Memang benar bahwa dibandingkan tahun lalu, salah satu tujuannya adalah menang dengan kecepatan tinggi ( top speed ), sesuatu yang telah mereka raih (mampu setara Ducati). Takeo Yokoyama telah mengakui bahwa fokusnya sekarang pada swingarm serat karbon. Sudah ada beberapa varian yang diuji oleh Stefan Bradl dan Marc Marquez, tetapi ini masih merupakan pembaruan pengembangan. “Kami telah belajar dari swingarm karbon, tetapi ketika kami menerapkan material karbon ini ke sasis, perubahan performa tidak sama dengan di swingarm. Setelah kami tahu persis cara terbaik untuk menggunakannya, saya pikir semua pembalap Honda akan menggunakan serat karbon.”

Beberapa saat yang lalu memang Marc keceplosan Honda akan memakai Frame full serat karbon. Namun sepertinya masih belum serasi dengan swingarm. Kemungkinan jika kombinasi itu ( Frame dan Swingarm karbon) serasi, Honda RC213V akan mudah dikendarai oleh semua pembalap Honda.. Untuk saat ini faktanya memang hanya Marquez yang cepat dengan Honda, dan dia tetap menjadi prioritas pengembangan kedepan..

Artikel Terkait :

Be the first to comment

Leave a Reply