Lama Tak Ada Kabar, Bagaimana Nasib Renault Koleos ?

RiderTua.com – Masih ingat dengan Renault Koleos? Mobil ‘kembaran’ dengan Nissan X-Trail dan Renault Kadjar ini terlihat seperti model yang begitu menjanjikan. Namun entah mengapa Renault mulai ‘menduakan’ SUV-nya demi fokus ke produk lainnya. Bahkan kini kabarnya nasib Renault Koleos sudah diujung tanduk, atau dalam arti lain SUV ini akan segera berakhir. Bagaimana bisa?

Baca juga: Renault Kiger, Compact SUV Lebih Besar dari Climber ?

Renault Koleos Diujung Tanduk

Koleos bisa dikatakan sebagai kembarannya Kadjar atau Nissan X-Trail, karena dari bentuk bodinya sudah terlihat mirip dengan kedua mobil tersebut. Apalagi dengan dipadu bahasa desain dari Renault, menjadikan SUV ini terlihat begitu menawan untuk dipandang. Ditambah lagi dengan fitur unggulan seperti head unit besar untuk dalam kabinnya.

Awal penjualan Koleos cukup mengesankan, karena awalnya model ini terjual ratusan unit saja, dan setahun setelahnya melonjak hingga puluhan ribu unit. Hasil penjualan tertinggi di Eropa terjadi pada tahun 2018 lalu, dimana Koleos terjual sebanyak 18 ribu unit. Di negara lain saja Renault mampu menjual hingga 46 ribu unit.

Tak Ngetren Lagi?

Namun setahun sejak saat itu, penjualan Koleos mulai menunjukkan penurunan, dengan hasil 12 ribu unit terjual di Benua Biru. Kalau di Indonesia sendiri, Koleos hanya terjual sekitar ratusan unit per tahunnya sejak diluncurkan pada tahun 2016 lalu. Hasil paling sedikit tercatat di tahun 2019, dimana Maxindo Renault Indonesia (MRI) hanya menjual 7 unit saja!

Walau begitu, di tahun ini setidaknya MRI mulai lega karena penjualan Koleos naik hingga 34 unit sejauh ini. Namun bukan berarti nasib mobil tersebut akan baik-baik saja, mengingat Renault menghentikan penjualan Koleos di Inggris sekitar dua tahun lalu. Apalagi Renault tak pernah mengomentari soal nasib SUV-nya sendiri.

Sepertinya nasib Koleos untuk saat ini masih samar-samar, walau berada dalam kondisi yang tak terlalu mengkhawatirkan. Penjualannya masih cukup bagus, tapi seberapa lama Koleos bisa bertahan?

Be the first to comment

Leave a Reply