Motor Balap Jadul: Mesin V-Twin, Top Speed 145 Km per Jam, Tanpa Rem!

RiderTua.com – Bagaimana wajah kuda besi balap jaman baheula.. Ini adalah salah satu motor yang masuk dalam sejarah balap roda dua. Motor dengan kubikasi 2700 cc NLG (North London Garage) JAP V-twin tahun 1909 (seratus sepuluh tahun yang lalu).. NLG adalah inisial dari Garage London Utara, Corsica Street, St Pauls Road, Highbury, London. Mereka memproduksi sepeda motor dari tahun 1908 hingga 1915. Motor Balap Jadul: Mesin V-Twin, Top Speed 145 Km per Jam, Tanpa Rem!

Motor Balap Jadul: Mesin V-Twin, Top Speed 145 Km per Jam, Tanpa Rem!

Will Cook memacu motor ini di Brooklands di sirkuit yang dibangun khusus pertama di dunia. Tujuannya adalah untuk mencatatkan rekor menjadi pengendara sepeda motor pertama yang tembus kecepatan 145 km per jam.

Kendaraan balap khusus yang digunakan adalah mesin JAP (diproduksi di pabrik JA Prestwich di Tottenham, London utara). Mesin dengan konfigurasi 80-derajat v-twin memiliki kapasitas mesin tepatnya 2714cc. Untuk dimensi ruang bakarnya memiliki bore (diameter) dan stroke 120mm.

Uniknya motor ini memiliki penggerak langsung dari mesin ke roda belakang, sehingga roda berputar dengan kecepatan mesin…!..

  • Tidak ada kopling
  • Tanpa ada gearbox
  • Tidak ada rem
  • Tanpa dilengkapi suspensi

Jika melihat spesifikasinya terlihat menakutkan jika dibandingkan dengan kebanyakan mesin balap. Motor lansiran JAP itu sama sekali tidak mudah untuk dikendarai dan menjadi mimpi buruk, bahkan bagi pembalap berani.. Kesulitannya tidak berhenti disitu saja. Setelah mesin hidup, pengendara harus terus-menerus menyesuaikan tuas pengapian, tuas campuran udara dan tuas throttle. Ini adalah satu-satunya cara untuk mengendalikan kecepatannya, karena mesin memiliki penggerak langsung ke roda belakang, sehingga roda berputar pada kecepatan mesin. Tidak ada kopling, tidak ada gearbox, tidak ada rem dan tidak ada suspensi….

Pavel Malaník

Menjadi Mesin Pesawat

Menariknya, seluruh sepeda motor ini diproduksi di tiga pabrik berbeda di London: JAP di Tottenham, London Garage Utara di Highbury dan Chater Lea di Finsbury. Dimana mesin 2714cc kemudian digunakan dalam pesawat terbang.

Mesin MotoGP

Bagaimana jika dibandingkan mesin MotoGP saat ini?.. Tentunya NLG JAP sulit dikendarai.. Motor MotoGP 1000cc tahun ini menghasilkan power sekitar 280 tenaga kuda dan mampu melesat hingga 355 km per jam. Mesin-mesin ini telah berkembang dibanding 125 tahun yang lalu. Tidak hanya mesin saja untuk menunjangnya dibutuhkan pengembangan sasis dan teknologi elektronik. Dalam beberapa hal motor balap modern mudah dikendarai, tetapi dalam beberapa hal mereka “tidak mudah dikendarai”.

Referensi: cybermotorcycle.com

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 10):

  1. Dengan Motor Honda Valentino Rossi Menang Mudah
  2. Ibarat Ada Pelangi Setelah Hujan, Namun Pelangi Lorenzo dan Pedrosa Berbeda Haluan!
  3. Manuver Yamaha Mengejutkan Valentino Rossi dan Pembalap MotoGP
  4. Wah, Ternyata Kepala Mekanik Quartararo Seorang Pakar Elektronik dan Bos Perusahaan ECU!
  5. Jika Valentino Rossi di Satelit Petronas Gajinya Bagaimana?
  6. Ducati dan Honda Menangis, Ban Michelin Menguntungkan Yamaha dan Suzuki Tahun Ini
  7. Bau Aneh Mesin Suzuki GSX-RR 2020 di Sepang, Engine Berlapis Keramik?
  8. MV Agusta Sambut MotoGP 2020 dengan 3 Fairing dan Suspensi Baru
  9. Petronas Tertarik dengan Valentino Rossi dan Tim VR46, Menjadi Sponsor MotoGP-Moto2-Moto3
  10. Siapa Sebenarnya yang Tercepat di Sepang? Ternyata Bukan Quartararo!

Be the first to comment

Leave a Reply