Tak Terjual Sama Sekali, Ada Apa Dengan Nissan Livina?

0
(Dealer Resmi Nissan Yogyakarta)

RiderTua.com – Sepanjang tahun 2020, hampir semua segmen mobil di Indonesia mengalami penurunan penjualan yang begitu drastis. Tak terkecuali segmen low MPV, dimana rata-rata semua model yang ada di kelas ini mencatatkan hasil yang tak begitu memuaskan. Tapi mungkin yang terparah dialami oleh Nissan Livina, dimana model ini tak terjual sama sekali selama empat bulan terakhir. Entah apa yang salah dari Livina sampai tak mencatatkan hasil apapun.

Baca juga: SUV Terra ‘Menghilang’ Dari Situs Resmi Nissan Indonesia!

Nissan Livina Tak Terjual Sama Sekali Selama Empat Bulan

Sejak awal kehadirannya, banyak orang yang menyukai desain terbaru Livina yang lebih modern dan tak monoton lagi. Walau menggunakan basis dari kembarannya, Mitsubishi Xpander, tapi itu sudah cukup untuk memberikan hasil penjualan yang maksimal. Di bulan Agustus 2020 saja Livina mampu terjual hingga lebih dari 6 ribu unit, mengalahkan Avanza dan kembarannya sendiri.

Tapi sejak saat itu, penjualannya turun drastis pada September 2020, dimana Livina hanya terjual sebanyak 1.377 unit saja. Selama empat bulan seterusnya, tak ada satupun unit Livina yang terjual di Tanah Air. Seakan lenyap ditelan waktu begitu saja, Nissan Motor Indonesia (NMI) masih pede dengan LMPV unggulannya tersebut.

(Autofun)

Gara-gara Kicks?

Tahun 2020 lalu memang menjadi tahun yang tak begitu memuaskan bagi NMI, tapi Livina menjadi penyumbang penjualan terbanyak. Itupun sebelum kehadiran model terbaru seperti Kicks e-Power, yang seakan mulai merebut tempat dari Livina. Entah apakah kehadiran crossover-SUV ini mempengaruhi penjualannya.

Selain karena kondisi pasar dan kemungkinan adanya produk baru, keadaan Nissan belakangan ini diduga juga menjadi penyebab lainnya. Meskipun sebenarnya tak memberikan dampak secara langsung, karena berdampak secara global. Ini juga berakibat pada pabriknya di Indonesia yang ditutup, membuat Livina menjadi satu-satunya mobil Nissan yang dirakit lokal, walau produksinya ditangani oleh Mitsubishi.

Apapun penyebab masalahnya, berharap saja untuk bulan atau tahun seterusnya akan ada pergerakan hasil penjualan untuk Livina. Sepertinya model ini tak lagi bisa bersanding dengan Xpander yang masih membuntuti rival utama di kelasnya.

Leave a Reply