Hasil Penjualan BMW Indonesia Tahun 2020, SUV Mendominasi

0
BMW iX baru diproduksi
(Auto Express)

RiderTua.com – Walau didera berbagai cobaan sepanjang tahun 2020 lalu, tapi BMW masih mampu menjual hingga 2,3 juta unit mobil di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, merek mewah ini hanya mampu menjual hingga 2,5 ribu unit saja. Hasil penjualan BMW Indonesia masih didominasi oleh model SUV atau SAV (sport activity vehicle). Sisanya didapat dari model sedan mewah serta Mini.

Baca juga: BMW dan Mini Siapkan 17 Mobil Baru di Indonesia!

Penjualan BMW Indonesia Didominasi SUV

Total penjualan yang didapat BMW Group (termasuk Mini dan Rolls-Royce) secara global pada tahun lalu mencapai 2.324.809 unit. Walau di Indonesia hanya menyumbang lebih sedikit, yaitu 2.565 unit, tapi itu dianggap sebagai hasil yang bagus. Terlebih merek asal Jerman ini sukses bertahan ditengah kondisi yang terjadi.

Sejak keadaan pasar menurun, BMW mulai mengubah strategi penjualannya, sehingga dapat beradaptasi dengan kondisi. Hasilnya merek ini mampu menjual hingga 2.082 unit, dan 483 unit dari divisi mobil mungil Mini. Mungkin bukan angka yang cukup tinggi, tapi itu sudah lumayan bagi merek luxury car ini.

(BMW)

Mobil Mini

Model SUV (lebih dikenal sebagai SAV bagi BMW) X Series mendominasi 52 persen dari total penjualan BMW Indonesia. Model seperti X1 dan X5, serta edisi spesial dan terbatas untuk X3 dan X4 menyumbang hasil lebih. Walau begitu, Seri 3 masih menjadi produk terlaris BMW di Tanah Air, dengan menyumbang hingga 29 persen dari total tersebut.

Untuk Mini, ada tiga model yang menjadi unggulannya sepanjang tahun lalu. Yaitu Countryman yang berkontribusi 37 persen dari total penjualan, disusul 3-Door sebesar 35 persen dan 5-Door 11 persen. Walau hanya mengeluarkan sedikit produk ketimbang BMW, tapi produknya masih menjadi incaran bagi konsumen Indonesia.

Agar meningkatkan penjualannya ditengah kondisi sekarang, BMW-Mini berencana akan merilis lebih dari 10 mobil baru di Tanah Air. Sebagian diantaranya sudah diluncurkan, yaitu berupa penyegaran untuk model X Series.

Leave a Reply