Suzuki Mulai Kirim Jimny ‘Made in India’, Indonesia?

0
Potensi Jimny Dirakit Lokal

RiderTua.com – Beberapa waktu lalu Suzuki mulai kirim Jimny produksi India ke sejumlah negara di Amerika Selatan. Mobil SUV ini sebelumnya sudah dikonfirmasi akan dirakit oleh Maruti Suzuki, beserta varian 5-door yang disebut sebagai Gypsy. Suzuki mulai kirim Jimny ke Benua Amerika, tapi belum jelas bagaimana dengan negara di Asia. Karena saat ini hampir semuanya ditangani oleh Suzuki Jepang sendiri.

Suzuki Mulai Kirim Jimny ke Benua Amerika

Maruti Suzuki sudah ditunjuk oleh pihak prinsipal untuk ‘membantu’ produksi Jimny. Karena sebelumnya hanya ada satu pabrik yang menangani produksi SUV legendaris tersebut. Tentu itu pekerjaan yang berat karena mereka harus memenuhi semua permintaan hampir dari seluruh negara, terlebih dalam kondisi seperti sekarang.

Jimny versi pasar ekspor sudah dikirim melalui kapal untuk nantinya dijual di wilayah Amerika Selatan. Meski sudah memproduksi Jimny ‘versi ekspor, mereka tetap melanjutkan rencana untuk merakit versi lima pintu yang akan dikenal sebagai Gypsy. Varian ini kemungkinan hanya disediakan di Negeri Bollywood.

Suzuki mulai kirim Jimny

Sudah Keputusan Dari Pusat

Mungkin agak disayangkan karena Indonesia tidak ditunjuk untuk memproduksi Jimny secara lokal. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan kalau itu semua sudah menjadi keputusan dari pihak pusat. Walau Suzuki ‘divisi India’ yang mendapatkan tugas tersebut, nampaknya Indonesia masih memiliki kesempatan untuk merakit SUV ini.

SIS mengaku kalau mereka sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari pihak prinsipal sejak lama, tapi entah mengapa sampai sekarang belum diwujudkan. Malah produksi Jimny tiga pintu yang diserahkan kepada Maruti Suzuki. SIS sendiri tak mempermasalahkan itu, karena mereka masih yakin punya kesempatan di lain waktu.

Soal Jimny ‘Made in India’ untuk ekspor, SIS belum mengkonfirmasi apakah model ini bisa dijual di Tanah Air. Jadi bisa dipastikan kalau mereka masih mendatangkan Jimny dari Jepang. Meski produksinya sempat terganggu, tapi SIS menyebut tak ada gangguan dalam pemesanannya sejauh ini, dan itu sudah menjadi kabar bagus.

Leave a Reply