Ketika Innova Dikalahkan Oleh Xpander di Vietnam…

Innova Facelift kurang inovasi

RiderTua.com – Siapa sangka kalau mobil MPV legendaris seperti Toyota Innova bisa dikalahkan oleh Xpander. Walau begitu, keadaan ini hanya terjadi di Vietnam, bukannya di Indonesia. Cukup mengejutkan kalau Innova dikalahkan oleh Xpander sejak tahun 2018 lalu. Bahkan meski dengan penyegaran sekalipun mungkin masih belum cukup untuk mengembalikan tahtanya.

Baca juga: Toyota Innova Facelift Hadir di Vietnam, Ini Banderolnya

Innova Dikalahkan Oleh Xpander Sejak 2018

Sebenarnya di Indonesia, baik Innova maupun Xpander berupa jenis MPV yang berbeda, masing-masing berjenis medium MPV dan low MPV. Tapi sepertinya di Vietnam, keduanya sama-sama dianggap sebagai MPV biasa, tapi disinilah letak keseruan persaingannya. Innova yang selama ini menguasai segmennya disana kini harus rela kehilangan tahtanya pada tahun 2018.

Sebelum mobil MPV Mitsubishi tersebut ‘menyerang’, terakhir Innova mampu menjual hingga 14.581 unit, jauh melenggang dari Kia Rondo ‘Carens’ yang mencapai 1.423 unit. Tapi setelah Xpander hadir, model ini sanggup menjual hingga lebih dari 20 ribu unit per bulannya. Innova bahkan tak bisa berbuat apapun ketika angka penjualannya mulai menurun.

Innova dikalahkan oleh Xpander

Kalahkan MPV Lainnya

Baru-baru ini, Innova sudah mendapat penyegaran lebih dulu, dan mungkin kondisinya sekarang yang membuat kenapa Vietnam lebih dulu kebagian facelift. Dengan penyegaran tersebut, Toyota berharap bisa meningkatkan penjualan Innova seperti dulu lagi, terlebih dengan kondisi seperti sekarang. Tapi mengingat Xpander terlanjur menguasai segmen MPV disana, sepertinya itu akan cukup sulit bagi Innova.

Selain itu, desain Innova Facelift disebut masih kurang menarik bagi konsumen Vietnam, dan dianggap belum bisa merubah total penampilannya. Terlebih ubahan fiturnya masih lumayan sedikit, meski masih lebih unggul dari Xpander. Seakan ini menandakan kalau Innova bakal tak mampu menggebrak dominasi Xpander meski sudah disegarkan.

Sejak diluncurkan, Xpander sudah berhasil mengungguli model MPV lainnya di Vietnam. Tak hanya Innova, tetapi juga Ertiga dan XL7 serta Kia Rondo ‘Carens’ (sampai tahun 2019). Hal seperti ini tentu takkan terjadi di Indonesia, mengingat Innova dan Xpander berada di segmen berbeda.

Be the first to comment

Leave a Reply