New Toyota Vios Facelift Nggak Dibawa ke Indonesia ?

RiderTua.com – Dari sekian produk baru yang ada, New Toyota Vios Facelift dipastikan takkan diboyong ke Indonesia. Padahal mobil sedan ini cukup populer di Tanah Air, terlebih banyak digunakan sebagai armada taksi. Ternyata ada alasan kenapa New Toyota Vios Facelift tak dibawa ke Indonesia meski ada permintaan. Apa lagi, nih?

Baca juga: Toyota Luncurkan Yaris Facelift di Indonesia

Alasan New Toyota Vios Facelift Tak Dibawa ke Indonesia

Beberapa bulan lalu, Toyota meluncurkan Vios Facelift di sejumlah negara di luar Indonesia. Dari penampilannya memang sekilas sama persis dengan Yaris Facelift yang diluncurkan disini beberapa minggu lalu. Hanya saja Vios memang berupa mobil sedan, sedangkan Yaris berjenis hatchback (meski ada juga versi sedannya).

Sepertinya inilah yang membuat Toyota Astra Motor (TAM) urung membawa Vios Facelift, karena modelnya saja serupa dengan Yaris Facelift. Mungkin kalau tetap dibawa ke Indonesia sepertinya tak jadi masalah, mengingat Vios masih jadi andalan perusahaan taksi. Namun masih ada satu masalah lagi yang membuat sedan ini tak bisa dijual disini.

New Toyota Vios Facelift

Pasar Melemah

Karena Vios berjenis sedan, maka sudah bisa ditebak apa yang terjadi pada segmennya di Indonesia. Mobil sedan dan sejenisnya sudah mulai tersisih oleh banyaknya model jenis SUV, crossover, LCGC, hingga MPV. Memang sedan masih menjadi incaran bagi konsumen Indonesia, hanya saja kebanyakan berupa segmen sedan kelas atas atau eksekutif seperti Corolla Altis dan Camry.

Kedua mobil ini tentu saja berada di tingkatan lebih tinggi dari Vios, dan pasarnya masih lumayan ramai. Berbeda dengan segmen sedan yang ditempati Vios, yang akhir-akhir ini mengalami penurunan tren cukup tajam akibat kondisi yang terjadi. Sehingga inilah yang membuat TAM urung membawa model facelift-nya.

Memang sayang jika Vios Facelift tak bisa dibawa ke Indonesia, tapi apa boleh buat. Keadaan pasarnya yang terus memburuk membuat TAM tak bisa berbuat banyak dan harus mencari segmen yang lebih berpotensial. Soal Vios yang menjadi armada taksi, posisinya perlahan tergantikan oleh Avanza Transmover.

Be the first to comment

Leave a Reply