Kisah Supercar Lamborghini Aventador, Dulu dan Sekarang

RiderTua.com – Kisah supercar Lamborghini Aventador selalu menarik untuk dibahas. Selain sebagai salah satu produk terlarisnya merek mobil Italia ini, model yang namanya dari banteng tersebut juga memiliki berbagai prestasi tersendiri. Kisah supercar Lamborghini Aventador ini dimulai pada tahun 2011 silam. Tahun inilah yang menjadi awal karir mobil super tersebut.

Baca juga: Baru Dikenalkan, Lamborghini Sian Roadster Habis Terjual !

Kisah Supercar Lamborghini Aventador Dimulai Tahun 2011

Aventador pertama kali dirilis pada tahun 2011 sebagai model LP700-4 dan hanya dijual 4 ribu unit saja. Desain pada model ini bisa dikatakan sebagai hasil persilangan antara edisi terbatas Reventon dengan model konsep Estoque. Saat itu Aventador mengandalkan mesin terbaru 6.500 cc V12, meski tanpa turbo pun masih tetap melaju kencang.

Setahun setelahnya, produsen berlogo banteng ini mengenalkan versi roadster serta varian J untuk menambahkan pilihan pada Aventador. Keduanya memang tak berumur panjang, karena keduanya sudah dihentikan penjualannya sejak tahun 2016. Disaat itulah Lamborghini mengenalkan varian SV atau SuperVeloce, yang berarti ‘kecepatan super’.

Kisah supercar Lamborghini Aventador

Berbagai Edisi

Aventador SV sebenarnya hanya dijual selama tiga tahun saja sebelum dihentikan produksinya pada tahun 2017. Model Aventador saat ini adalah varian S serta S Roadster yang disebut memiliki peningkatan performa lebih besar dari model LP700-4. Varian lainnya, yaitu SVJ atau Super Veloce Jota lengkap dengan roadster, diluncurkan pada tahun 2018 dan masih dijual sampai sekarang.

Selama sembilan tahun tersebut, Aventador hadir dengan berbagai edisi spesial dan terbatas. Salah satu edisi yang paling terkenal yaitu Aventador Miura sebagai penghormatan kepada supercar pertama Lamborghini. Ada juga Aventador Dreamliner Edition dengan livery khas pesawat Boeing 787, serta Pirelli Edition sebagai perayaan hubungan Lamborghini dengan Pirelli selama 50 tahun.

Aventador sudah diproduksi sebanyak 10 ribu unit terhitung dan dijual di seluruh dunia. Berkat Aventador, Lamborghini dapat melahirkan berbagai produk dari Aventador, mulai dari Veneno, Centenario, hingga mobil hybrid pertamanya, Sian. Mobil ini akan menjadi pembuktian dari Lamborghini kalau Aventador masih dicintai konsumennya sampai sekarang.

Be the first to comment

Leave a Reply