Hyundai Santa Cruz Pinjam Platform dari Santa Fe ?

RiderTua.com – Pikap Santa Cruz sempat menjadi sorotan oleh publik, karena tak biasanya Hyundai mau membuat mobil pikap double-cabin. Namun muncul spyshot yang diduga adalah Santa Cruz, yang dikabarkan memakai platform dari Santa Fe. Walau terlihat polos, sepertinya ini akan menjadi model final-nya.

Baca juga: Hyundai Mau Datangkan Creta di Indonesia ?

Santa Cruz dengan Platform Santa Fe

Seharusnya Hyundai sudah mulai membuat Santa Cruz sekitar tahun 2018 atau 2019. Ini karena mobil ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2015 silam. Namun entah mengapa jadwalnya tiba-tiba molor dari jadwal semula.

Tapi belakangan ini spyshot bodi yang diduga Santa Cruz mulai bocor di dunia maya. Terlihat bodi mobil masih polos, belum didandani dengan berbagai kelengkapan seperti lampi hingga kaca mobil. Informasi beredar menjelaskan kalau bodi tersebut adalah pikap Hyundai.

Platform Sasis Monokok

Untuk platformnya, disebutkan kalau Santa Cruz akan ‘meminjamnya’ dari Santa Fe, yaitu platform sasis monokok. Platform ini bisa dikatakan setara dengan ladder frame yang biasa digunakan pada model sejenisnya. Karena inilah, Hyundai ingin membuat Santa Cruz menjadi ‘pikap urban’ yang ramah daerah perkotaan.

Sistem penggeraknya mungkin menggunakan AWD, dengan perkiraan dipadu mesin bensin 2.5L 4 silinder. Bisa saja Hyundai mau menambahkan varian hybrid untuk pasar Amerika. Entah seperti apa fitur dan spesifikasi yang akan ditawarkan nantinya.

Hyundai mungkin akan menjual Santa Cruz dengan banderol mencapai Rp 376 jutaan. Pikap ini akan diproduksi di pabrik yang juga membuat model Santa Fe, Sonata, hingga Elantra.

Be the first to comment

Leave a Reply