Sementara Tim Aprilia di Jalan Menuju Revolusi, Andrea Iannone Berada di Ujung Karirnya

Tentu saja ada masalah dengan mesin yang 'masih muda'.. motor baru. Mesin kurang torsi di RPM rendah dan motor memiliki beberapa masalah daya tahan pada hari terakhir. Dalam kondisi seperti ini peran pembalap handal sekelas Iannone dibutuhkan kehadirannya...

RiderTua.com – Aprilia adalah satu-satunya pabrikan yang membawa mesin baru di Tes MotoGP Sepang untuk di uji. Mereka membawa dua motor RS-GP 2020, satu untuk Aleix Espargaro dan satu untuk tes rider Bradley Smith dan Lorenzo Savadori. Pembalap Aprilia sebut ini adalah langkah revolusi tim Italia di sektor mesin. Mesin baru masih ada beberapa kendala teknis. Dalam situasi ini pendapat Andrea Iannone sebenarnya jauh lebih penting, sayangnya dia berada di ujung karirnya sekarang. Ibarat kata: Sementara Tim Aprilia di jalan menuju revolusi, Andrea Iannone berada di ujung karirnya..

Sementara Tim Aprilia di Jalan Menuju Revolusi, Andrea Iannone Berada di Ujung Karirnya

Batas kelompok mesin di MotoGP semakin jelas sekarang. Ada kelompok mesin inline-4 dan V-4 90 derajat. Tahun sebelumnya Aprilia bertahan dengan V-4 75 derajat. Kenapa pilih itu? karena dengan sudut 75 derajat menginginkan motor yang lebih kompak dan gesit, tetapi handling motor kurang bagus dan tidak cukup cepat.

Revolusi Mesin

Para insinyur Aprilia berpendapat mesin V4 90 derajat ( Ducati, Honda, KTM) membuat motor lebih panjang dan bergerak seperti kereta, susah belok. Namun sekarang mereka sadar, dengan rancang ulang sasis memecahkan masalah itu. Yang harus dilakukan Aprilia adalah meniru konsep desain dasar RC213V (Honda) dan Desmosedici (Ducati), dua kekuatan dominan di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir.

Aprilia 10 Besar

10 Besar

Hasilnya?.. Aleix Espargaro senang dengan motor RS-GP terbaru yang memiliki lebih banyak power dan lebih stabil, lebih gesit dan menikung lebih baik. “Ini sebuah revolusi,” kata pembalap Spanyol itu.. Dan di sesi tes kemarin secara keseluruhan masuk 10 besar, dengan gap 0,345 detik dari pembalap tercepat dan top speed mesin masuk lima besar. “Aku sungguh percaya, aku siap bertarung untuk podium.” yakin Espargaro..

Masalah Motor Baru

Tentu saja ada masalah dengan mesin yang ‘masih muda’.. motor baru. Mesin kurang torsi di RPM rendah dan motor memiliki beberapa masalah daya tahan pada hari terakhir. Namun mengingat RS-GP adalah motor yang ‘baru lahir’ dan belum pernah berpacu di lintasan balap sebelum tiba di Sepang, ini adalah pencapaian yang luar biasa dai tim Aprilia. Dalam kondisi seperti ini peran pembalap handal sekelas Iannone dibutuhkan kehadirannya…

Iannone di Ujung Karir

Sejatinya Iannone adalah pembalap bagus, dan punya harapan besar dengan mesin baru Aprilia ini, bro.. Namun setelah sidang kasusnya, CDI (International Court of Discipline) menganalisis situasi dan argumen pembalap. Dia akan tetap diskors sampai keputusan akhir diturunkan, sehingga Andrea Iannone tidak dapat berpartisipasi dalam dalam tes di Sepang pada 7-9 Februari, jajal motor anyar mereka. Kode Anti Doping Dunia dan Kode Anti Doping FIM, menyatakan bahwa FIM tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut.

Referensi: crash.net (11/02/20)

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP 10):

  1. Berikut Daftar Top Speed MotoGP Tes Sepang Day-1, Kecepatan Siapa Tertinggi?
  2. Daftar Top Speed Tes Sepang Day-2: Ducati Masih Tertinggi, Yamaha?
  3. Honda Menghentikan Alex Marquez di Tes MotoGP Sepang-1 untuk Alasan Keamanan
  4. Yamaha Serius, Kerahkan 3 Motor Sekaligus buat Rossi di Sepang!
  5. Sepang Tes: Yamaha-Suzuki Unggul di Catatan Waktu Lap, Honda Jago Top Speed
  6. Hari Ini Yamaha Uji Coba Part Baru Pendongkrak Top Speed Yamaha M1 2020!
  7. Impresi Awal Mesin Anyar Aprilia V4-90, Bikin Pasukan Noale Ini Tersenyum, Karakter Mirip Yamaha!
  8. Valentino Rossi Lebih Pilih ke Tim Satelit Petronas dengan Morbidelli daripada Lorenzo
  9. Blitzkrieg: Hati-hati dengan Yamaha-Vinales, Sekarang Dalam Mode Pertempuran Cepat!
  10. Jorge Lorenzo Bandingkan Honda-Yamaha-Ducati: Yamaha M1 Motor yang Jinak!

Be the first to comment

Leave a Reply