Pol Espargaro Berseloroh: Di KTM Saya Sudah Mencoba ‘Seribu Sasis’ !

RiderTua.com – Tim MotoGP KTM adalah pabrikan yang percaya dengan ‘produk mereka sendiri’. Dalam artian hanya menggunakan part yang juga dipakai untuk varian sepeda motor KTM lainnya. Frame atau sasis mereka beda (terbuat dari pipa baja), suspensi mereka adalah WP (bukan Ohlins), mesin mereka juga memiliki kepercayaan diri. Pol Espargaro Berseloroh: Di KTM Saya Sudah Mencoba ‘Seribu Sasis’ !

Pol Espargaro Berseloroh: Di KTM Saya Sudah Mencoba ‘Seribu Sasis’ !

Namun sebuah perubahan revolusioner dilakukan KTM pada sasis mereka. Proyek baru RC16 yang menunjuk Pol Espargaro sebagai kapten tim KTM melakukan tes evolusi terbaru dari sasis Austria itu…

Pol Espargaro dalam dua sesi tes di Valencia dan Jerez mendapatkan sasis dan juga aerodinamika baru. “Kami telah mengambil langkah maju yang baik dengan aerodinamika. Kami mencoba paket baru, yang sangat bagus, tetapi saya hancurkan (jatuh)! Tapi kami mendapat informasi yang bagus.”

Inspirasi Dani Pedrosa

Namun, perhatian masih terfokus pada frame atau sasis baru. Bahkan ada dua versi, terinspirasi Dani Pedrosa. Meskipun mereka mempertahankan banyak konstruksi baja tubular, mereka memiliki filosofi yang sangat mirip dengan sasis aluminium ganda yang terlihat dari model rangka yang lebih lebar ( bukan tabung lagi). Selain warna oranye di Valencia, ada variasi lain dengan warna hitam, yang merupakan evolusi dari model yang pertama: “Yang terbaru adalah (sasis) hitam mungkin bukan perbaikan besar, tetapi adalah langkah kecil pengembangan dibandingkan dengan yang warna oranye” kata Pol Espargaro.

Pol Espargaro sangat percaya akan kemampuan pabrikan KTM dalam menemukan solusi teknis dengan cepat dan tanggap. Kemampuan menciptakan hal baru dari pabrikan Austria itu tidak diragukan lagi.. Pembalap Spanyol itu menjelaskan: “Saya catatkan waktu yang baik dengan motor lama, tetapi sasis baru ini baru permulaan. Kami memiliki keunggulan dibandingkan tim lain ( dalam hal sasis). Karena dengan bahan baja tubular kami, kami jauh lebih cepat untuk memproduksi daripada yang lain( aluminium frame). Ini sangat berguna bagi kami. “

Seperti Mencoba Seribu Sasis

Untuk membuktikan kemampuan ini, pada tahun 2018, KTM memproduksi dan menguji hingga 17 sasis yang berbeda. Pol Espargaro mengatakan: “Rasanya seperti mencoba seribu sasis!.. (tertawa). Tahun ini kami menguji dua atau tiga sasis. Hal yang baik adalah bahwa setiap kali kita mencobanya, mereka menjadi lebih baik.” kata Espargaro..

Menurut Espargaro sasis baru lebih baik untuk menikung, banyak traksi, dan lebih stabil.. Tes selanjutnya mereka akan melanjutkan tahun depan di Sepang bulan Februari.

Trending Artikel Minggu Ini ( TOP5):

  1. Bocor, Rumor Honda dan Repsol Pecah Kongsi: Di MotoGP, Repsol Honda Menjadi Shell Honda?
  2. Stefan Pierer: Walau Mampu KTM Tak Mau Rekrut Marquez, Dia Tak Mau Motornya Disalahkan!
  3. Agostini: Untuk Kalahkan 15 Rekornya Marquez Harus Tetap di Honda dan Jangan Sembrono!
  4. Bos Ducati-KTM: Motor yang Mudah Tak Lagi Cukup untuk Menangkan Kejuaraan, Sindir Yamaha?
  5. Pernah Start Posisi-35 dan Finis ke-1, Brad Binder Sebut MotoGP ‘Lebih Mudah’?

Be the first to comment

Leave a Reply