Apa Saja yang Diuji Setiap Pabrikan MotoGP di Tes Misano?

RiderTua.com – Tim MotoGP tidak pernah tidur, jika bicara masalah pengembangan. Terutama tim yang kalah bersaing tahun ini, dengan segala cara akan fokus pada memperkecil jarak ketertinggalan dan menutupi kelemahan tunggangannya. Dalam tes yang diadakan minggu lalu di Misano pabrikan tim MotoGP membawa perkembangan penting yang telah mereka uji pada motor mereka, beberapa untuk balapan hingga akhir musim ini dan yang lainnya sudah melangkah jauh ke depan untuk tahun 2020. Apa Saja yang Diuji Setiap Pabrikan MotoGP di Tes Misano?

Apa Saja yang Diuji Setiap Pabrikan MotoGP di Tes Misano?

Honda HRC

Honda adalah tim yang bersemangat tahun ini, beda dengan musim-musim sebelumnya. Banyak membawa bagian yang mereka uji cobakan pada pembalap mereka. Perubahan pertama adalah sasis dengan diperkuat serat karbon yang dicoba saat tes Catalunya. Pengembangan sasis terus berlanjut di seri Brno, penguatan karbon bertujuan demi memudahkan pengendalian motor. Dalam tes terakhir di Misano Honda terus berekperimen dengan sasis karbon, memperkenalkan versi kedua dari frame yang di uji oleh Marc Márquez.

Yamaha Motor Racing

Yamaha membuat langkah apik dalam evolusi prototipe M1- 2020, versi pertama telah diuji cobakan pada pembalap resminya di tes Brno Agustus lalu. Kemudian berlanjut di Misano dengan pekerjaan pengembangan lanjutan untuk M1 2020. Perubahan yang paling menonjol adalah di sektor mesin, sekarang sedikit lebih kuat. Namun peningkatan tenaga motor yang Valentino Rossi dan Maverick Viñales rasakan, masih dianggap tidak cukup untuk bertarung melawan Ducati dan Honda.
Pabrikan berlogo garputala menguji knalpot ganda yang dikembangkan oleh Akrapovic mirip dengan Suzuki. Tujuannya adalah meningkatkan top speed M1. Valentino Rossi menguji wheel cover cakram depan dengan tujuan untuk menjaga suhu perangkat rem dan fungsi aerodinamika. Mereka juga membawa swingarm serat karbon yang sudah lama diminta Rossi.  hasil yang diinginkan adalah menjaga umur ban dan meningkatkan traksi M1.

Ducati Corse

Di Ducati terkenal dengan tim yang jaya inovasi. Dalam tes yang mereka jajal di trek baru di KymiRing, Michele Pirro mencoba fairing dengan hal baru di depan dan kotak salad berupa kotak hitam yang lebih besar ukurannya. Sementara itu di Misano mereka membuat desain fairing yang lebih rendah di motor Pirro, mungkin untuk meningkatkan aliran udara ke deflektor swingarm yang mereka perkenalkan di Qatar.

Suzuki Racing

Pasukan Suzuki juga tidak pernah beristirahat bahkan jika mereka membawa beberapa hal baru untuk GSX-RR. Yang paling menarik adalah pemakaian saluran gas buang ganda yang mereka pakai mulai dari Qatar. Sejak itu, mereka beralih ke pengembangan sasis dan swingarm, menguji beberapa materi itu dalam dua tes terakhir yang diselenggarakan.

Swing Arm Karbon KTM

KTM Motorsport

Kekuatan baru datang untuk tim Austria dengan datangnya Dani Pedrosa. Mereka pertaruhkan pengembangan motor padanya. Sebagai tim baru wajar jika andalkan mantan pembalap Repsol Honda itu. Pengalaman Dani ibarat 10 kali lipatnya jika dibandingkan pembalap mereka… Faktanya mereka sudah mulai serius dalam tes Catalunya melengkapi RC16 dengan sasis baru. Mereka mengubah lokasi steering damper, sesuatu yang memaksa mereka juga mengganti model tangki bahan bakar.

Aprilia Racing

Tim Aprilia mengembangkan RS-GP dibawah kepemimpinan Massimo Rivola membuat terobosan baru dan reorganisasi secara internal. Tim yang bermarkas di Noale juga tidak mau ketinggalan memanfaatkan keunggulan bahan karbon. Mereka juga menggunakan sasis yang diperkuat serat karbon. Selain itu, dari GP Republik Ceko mereka memasang perangkat Holeshot yang canggih untuk meningkatkan waktu saat start.

Artikel Terkait:

Be the first to comment

Leave a Reply