Sistim Start Anti Wheelie : Begini Cara Kerjanya !

MotoGP RiderTua – Teknologi anti-wheelie sangat penting di MotoGP saat pembalap melakukan start. Semua berawal dari mesin 1000cc dengan muntahan tenaga yang sangat besar. Dengan tenaga super ini maka kemungkinan wheelie sangat besar, tanpa menyiasati itu roda depan motor akan mudah terangkat. Saat start pembalap biasanya betot gas kuat-kuat, demi menjadi yang pertama saat memasuki tikungan. Sehingga dia bisa memperbaiki posisi start karena saat kualifikasi catatan waktunya buruk, bisa ditebus saat melakukan start di awal balapan. Sistim Start Anti Wheelie

Sistim Start Anti Wheelie

Posisi start sangat menentukan sekali dalam balapan. Salah satu solusinya pabrikan Ducati dan Aprilia menggunakan sistim yang mirip. Yaitu mengunci suspensi agar tidak ikut terangkat oleh daya dorong mesin. Sehingga motor akan tetap stabil, roda depannya akan tetap dekat dengan aspal.

Begini Cara Kerjanya

Untuk menggambarkan sistem starter baru yang dicoba oleh Aleix Espargaro pada Aprilia-nya selama tes Brno, foto diatas diambil saat seri Silverstone. Seperti apa cara kerja pabrikan Aprilia dalam eksperimennya dengan sistem anti-wheelie yang agak sederhana ini : garpu depan saat start “dikunci” pada posisi rendah (diaktifkan dengan tuas di stang dengan menarik kabel ), yang memungkinkan untuk menurunkan pusat gravitasi motor akibatnya mengurangi motor dari gejala wheelie (roda depan mengangkat).

Sistem ini akan “OFF” secara otomatis saat pembalap pertama kali melakukan pengereman. Tentunya setelah start semua motor akan mengerem saat akan memasuki tikungan pertama. Intinya mengurangi kecenderungan dampak motor bagian depan untuk naik. Semua karena posisi pusat gravitasi yang mengintervensi.

Artikel Terkait:

Be the first to comment

Leave a Reply