Perjalanan Honda Freed di Indonesia Sebelum Discontinue

0

RiderTua Blog – Honda Freed kini sudah tak dijual lagi di Indonesia. Padahal, mobil ini sempat mendapat sambutan yang baik saat pertama kali diluncurkan. Namun sejak saat itu, pamornya mulai menurun drastis. Perjalanan Honda Freed di Indonesia sebelum discontinue.

Baca juga: Honda Mulai Sebar Foto Freed Model ‘Crossover’

Perjalanan Honda Freed di Indonesia Sebelum Discontinue

Freed tercatat diluncurkan di Indonesia pada Maret 2009. Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang dan negara Asia Tenggara pertama yang kebagian MPV sliding door ini.

Ternyata baru muncul di Tanah Air saat itu membuat Honda Prospect Motor (HPM) kewalahan untuk memenuhi semua permintaan. Bahkan hanya di pertengahan tahun 2009, Freed mampu membukukan penjualan sebanyak 8.900 unit. Penjualannya ini mampu mengalahkan Jazz dan CR-V, keduanya memang juga laris manis di Indonesia.

Freed khusus pasar Indonesia memiliki ground clearance 20 mm lebih tinggi dibanding model di Jepang. Lalu, Freed menggunakan layout 7-seater dan transmisi gearbox 5 percepatan otomatis. Entah mengapa HPM memilik transmisi jenis ini daripada CVT.

Selama lima tahun lamanya, Freed menikmati kesuksesan penjualannya. Sampai akhirnya di tahun keenam atau di tahun 2014, penjualannya mulai menunjukkan penurunan hingga 6.517 unit. Angka ini terus menurun dari tahun ke tahun sejak saat itu.

 

Honda Freed 2019 Price and Release date – Car Review 2018

Karena menurun, banyak yang ingin agar Honda merilis model baru untuk Freed karena sudah dirasa waktunya untuk disegarkan. Apalagi model terbarunya sudah keluar di Jepang.

Sayangnya HPM lebih memilih untuk menghentikan penjualan Freed. Ini terjadi karena Freed sudah tidak diminati oleh konsumen Indonesia lagi.

Referensi: Detik.com (05/09/2019)

Leave a Reply