Volkswagen Bakal Investasi Mobil Listrik, Mau Saingi Tesla?

RiderTua.com – Volkswagen sudah menghadirkan berbagai model ID series sebagai lini produk mobil listriknya. Tapi itu saja belum cukup untuk membuatnya bersaing dengan merek EV lainnya seperti Tesla. Oleh karena itu, Volkswagen berencana untuk menginvestasikan dana cukup besar untuk mobil listrik. Investasi ini rencananya akan diperuntukkan untuk membangun pabrik EV di Spanyol.

Baca juga: Volkswagen: Stok Mobil EV Tahun Ini Sudah Habis!

Volkswagen Menginvestasikan Dana Untuk Mobil Listrik

ID Series cukup dikenal di pasar Eropa, walaupun produk ini belum sepenuhnya dihadirkan di seluruh dunia. Tapi VW sudah melihat ID Series sebagai lini produk mobil listrik yang sangat menjanjikan di masa depan. Apalagi mereka melihat penjualan mobil ramah lingkungan juga semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Selain itu, Volkswagen melihat persaingan di pasar mobil EV berjalan semakin ketat, apalagi Tesla kini yang paling mendominasi. Mereka juga sudah melakukan ekspansi besar-besaran dengan membuka Giga Factory di Jerman. Seakan ingin ‘balas dendam’, VW berencana untuk menggelontorkan dana sangat besar untuk investasi mobil listriknya.

(Top Gear)

Pabrik Mobil EV

VW berencana untuk mengeluarkan dana sebesar Rp 152 triliun untuk investasi mobil Ev di Spanyol. Disana mereka akan membangun pabrik khusus mobil listrik, termasuk perakitan baterai yang disebut sebagai pabrik 40 gigawatt-hour (GWh). Targetnya pabrik ini mulai dibangun tahun 2023 dan sudah bisa beroperasi mulai 2026.

Sebenarnya beberapa waktu lalu Volkswagen sempat dirumorkan untuk melakukan investasi mobil listrik di Indonesia. Tapi malah Spanyol yang kebagian pabrik mobil EV untuk VW ini. Walaupun sebenarnya itu untuk pabrik ‘cabang’ Eropa, dan siapa tahu Volkswagen bisa membuka pabrik lainnya di kawasan yang berbeda.

Tapi yang difokuskan VW kali ini yaitu baterai listriknya, sebab komponen inilah yang membuat harga mobil menjadi lebih mahal. Indonesia menjadi salah satu kandidat untuk lokasi perakitan baterai mobil listrik oleh sejumlah merek mobil.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives