Yamaha TY-E 2.0, Motor Trial Bertenaga Listrik Murni!

RiderTua.com – Yamaha TY-E 2.0 sudah menjalani debut perdananya secara global beberapa waktu lalu. Motor trial ini berbeda dengan model sejenisnya karena mengandalkan tenaga listrik murni. Yamaha TY-E 2.0 menjadi motor trial yang unik dan tampil beda dari model lainnya. Apalagi model ini akan diterjunkan ke kejuaraan motor trial bergengsi tahun ini.

Baca juga: Yamaha Hadirkan Skuter EV E01 di Thailand, Tapi…

Yamaha TY-E 2.0 Tampil Beda Dari Model Sejenisnya

Dari tampilannya, TY-E 2.0 menampakkan desain yang cukup jangkung, tentunya model ini didesain agar bisa menerobos jalur off-road. Menariknya, motor ini tak dilengkapi dengan jok seperti motor kebanyakan. Jelas karena TY-E didesain sebagai motor trial, jadi kenyamanan berkendara tak terlalu dipentingkan.

TY-E 2.0 memakai sasis monokok terbaru serta motor listrik dan baterai lithium-ion, meskipun belum dijelaskan secara rinci mengenai spesifikasinya. Tapi disebutkan dengan perpaduan ini, bobot TY-E 2.0 hanya lebih dari 70 kg, atau mungkin tak sampai 80 kg. Tentu dengan bobot motor yang ringan ini memudahkannya untuk dibawa ke medan off-road yang sulit.

(Motocross Action Magazine)

Trial World Championship

Saat ini belum banyak motocross atau motor sejenis dengan TY-E 2.0 yang mengandalkan tenaga listrik. Sehingga Yamaha mulai mengembangkan inovasi menarik dengan menggabungkan tenaga listrik dan motor trial dalam satu model. Walaupun motor ini sepertinya takkan dijual ke publik.

Memang karena TY-E 2.0 didesain untuk mengikuti ajang Trial World Championship yang akan digelar bulan Juni 2022 mendatang. Motor ini akan dibawa oleh tim pabrikan Yamaha dan akan dikendarai oleh pebalap asal Jepang, Kenichi Kuroyama. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terdepan dengan motor barunya tersebut.

Walau mungkin mereka takkan menjualnya, ini sudah membuktikan keseriusan Yamaha dalam mengembangkan motor listrik murni. Seakan mereka tak ingin kalah dari Honda yang sudah menjual banyak model EV di pasar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives