Honda HR-V Hybrid dan Listrik Belum Bisa Dibawa ke Indonesia?

RiderTua.com – Honda HR-V kini hadir di Indonesia dalam model generasi terbarunya. Selain membawa tampilan baru, mobil SUV ini juga membawa mesin baru dengan tambahan turbo. Namun entah mengapa Honda HR-V belum memiliki varian mesin hybrid maupun listrik murni. Padahal di luar negeri sudah ada dua pilihan tersebut.

Baca juga: All New Honda HR-V Ditargetkan Bisa Terjual 35 Ribu Unit Tahun Ini

Honda HR-V Belum Memiliki Varian Hybrid dan Listrik

Sebenarnya HR-V tak hanya tersedia dalam varian konvensional saja, tetapi juga varian ramah lingkungan. Varian tersebut tak lain adalah HR-V e:HEV yang menawarkan paduan mesin bensin 1.500 cc dengan motor listrik. Di Eropa, hanya varian ini yang disediakan, sedangkan di Thailand sudah tersedia pula.

Namun ternyata HR-V juga punya model listrik murninya, yaitu model e:NS1 dan e:NP1, yang hanya tersedia di Negeri Tirai Bambu saja. Bedanya dengan HR-V standar jelas dari absennya grille pada fascia serta hanya mengandalkan motor dan baterai listrik sebagai sumber tenaganya. Walau secara keseluruhan tampilannya tak jauh berbeda dengan HR-V biasa.

(Motor1)

Varian Ramah Lingkungan

Sebenarnya HR-V hybrid maupun EV berpotensi untuk dijual di Indonesia, apalagi dengan perkembangan pasar yang semakin maju disini. Tapi Honda memilih untuk tak menghadirkannya karena masih harus melakukan studi lebih lanjut. Studi ini dilakukan untuk melihat seberapa besar potensi mereka menghadirkan model ramah lingkungan.

Tapi untuk saat ini Honda belum mau menghadirkan varian ramah lingkungan apapun untuk produknya di Tanah Air. Sebab pasar roda empat masih menginginkan mobil konvensional, atau ICE (internal combustion engine). Walau demikian, bukan berarti Honda tak ingin melakukan elektrifikasi produknya, karena itu masih akan terjadi suatu saat nanti.

Honda sebenarnya sudah memiliki produk dengan teknologi e:HEV, tapi dalam model skutik bongsor PCX e:HEV. Namun sepertinya mereka belum ingin menghadirkan varian serupa pada produknya seperti CR-V, City Hatchback, hingga HR-V.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives