Suzuki Siap Bangun Pabrik Mobil Listrik di India?

RiderTua.com – Suzuki sebenarnya belum memiliki banyak mobil ramah lingkungan yang dijualnya di pasar global. Terlebih mobil listrik, dan jika ini dibiarkan, maka mereka bisa tertinggal dari kompetitornya. Oleh karena itu, Suzuki bergerak cepat untuk segera membangun pabrik mobil listriknya sendiri. Untuk memulainya, mereka akan membangunnya di India.

Baca juga: Suzuki Bakal Bawa Mobil Baru di IIMS 2022?

Suzuki Segera Membangun Pabrik Mobil Listrik

Sebenarnya Suzuki ingin sekali untuk memproduksi mobil listrik, tapi entah mengapa rencana tersebut belum terwujud sampai sekarang. Mereka sendiri baru memulai elektrifikasi produknya dengan menghadirkan mobil hybrid. Ertiga Diesel Hybrid menjadi salah satu model ramah lingkungan yang pernah dikembangkan oleh merek mobil asal Jepang tersebut.

Tapi tentu hanya mengembangkan mobil hibrida bukan berarti mereka tak bisa mengembangkan mobil listrik. Suzuki sudah berencana untuk mendirikan pabrik khusus produksi EV, dengan begitu mereka bisa merakit model tersebut tanpa menganggu produksi model lainnya. Sebagai rencana awal, Suzuki akan mendirikan pabrik tersebut di India.

(Autofun)

Mobil Hybrid Menyusul?

Untuk bisa mewujudkannya, Suzuki rela menggelontorkan dana sebesar Rp 18 triliun, itupun dari total Rp 601 triliun yang diinvestasikannya di India. Memang itu bukanlah angka yang sedikit, mengingat dana ini untuk rencana jangka panjang Suzuki selama lima tahun disana. Untuk pabriknya sendiri merupakan hasil kerja samanya dengan pemerintah setempat.

Sepertinya Suzuki tak ingin kalah dari merek mobil seperti Toyota hingga Tesla yang memiliki mobil listrik. Walau sebenarnya mereka tak mau ketinggalan untuk menghadirkan produk EV di pasar. Tapi tetap saja, mereka juga bisa menghadirkan mobil hibrida sebagai pilihan alternatif.

Suzuki disebut-sebut akan menghadirkan varian hybrid untuk Ertiga-XL7, baik di India maupun di Indonesia. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan mengenai kabar tersebut.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives