Mobil Listrik Masih Belum Banyak Dilirik Oleh Konsumen?

RiderTua.com – Mobil listrik kini mulai bertebaran di Indonesia setelah mobil hybrid meramaikan pasar roda empat. Hyundai pertama kali memeriahkannya dengan Ioniq dan Kona EV, termasuk Ioniq 5 yang dikenalkan beberapa waktu lalu. Namun entah mengapa mobil listrik masih belum memiliki banyak peminat di Tanah Air. Padahal seharusnya model EV bisa mulai dilirik oleh konsumen.

Baca juga: Mobil Ramah Lingkungan yang Bakal Hadir di Indonesia Tahun Ini

Mobil Listrik Masih Belum Memiliki Banyak Peminat

Saat ini mobil listrik yang tersedia cukup banyak, walau tak sebanyak model hybrid di Tanah Air. Hyundai kini memiliki tiga model, yaitu Kona EV, Ioniq, dan Ioniq 5, tapi baru Ioniq 5 yang diproduksi di Indonesia. Sementara Toyota punya model Lexus UX 300e, walau dijual lewat divisi mobil mewahnya tersebut.

Walau Hyundai sukses menjual banyak model, tapi peminat mobil listrik di Indonesia masih lebih sedikit dari yang diduga. Ini terjadi karena harga jual model EV yang masih terlalu mahal bagi masyarakat, yaitu sekitar Rp 600-800 jutaan. Memang karena kebanyakan masih didatangkan langsung dari luar negeri.

(Motor1)

Masih Adaptasi

Namun Hyundai sudah mulai mengatasinya dengan memulai produksi mobil listriknya di Indonesia lewat Ioniq 5. Meskipun begitu, harga jualnya sendiri masih belum diumumkan sekarang, tapi diharapkan bisa lebih terjangkau dari Ioniq-Kona EV. Sebab keduanya dibanderol cukup mahal disini.

Selain itu, pasar roda empat masih harus beradaptasi dengan hadirnya mobil ramah lingkungan di Indonesia. Untuk sekarang, konsumen masih tertarik dengan mobil hibrida atau PHEV (plug-in hybrid). Tapi perlahan tapi pasti, mereka akan beralih ke model listrik murni, itupun jika harganya lebih terjangkau.

Saat ini Hyundai masih mendominasi pasar mobil listrik di Tanah Air. Mereka akan menghadirkan lebih banyak model EV lainnya disaat merek lainnya berusaha mengejar ketertinggalannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives