Tesla Tetap Jadi Rajanya Mobil Listrik Secara Global!

RiderTua.com – Tesla memang sudah cukup dikenal dengan produk mobil listriknya di seluruh dunia. Namun mereka agak sulit untuk bisa bersaing dengan merek lainnya seperti Wuling atau Toyota. Walau demikian, Tesla tetap mempertahankan gelar sebagai raja mobil listrik di pasar global tahun lalu. Mereka memberikan kontribusi penjualan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan merek lainnya.

Baca juga: Tesla akan Genjot Produksi Mobilnya di Negeri Tirai Bambu

Tesla Pertahankan Gelar Raja Mobil Listrik

Sepanjang tahun lalu, tercatat ada 4,2 juta unit mobil listrik murni yang terjual di seluruh dunia. Dengan ini, hasil penjualan model EV meningkat 108 persen jika dibandingkan dengan tahun 2020, dan 198 persen di tahun 2019. Ini merupakan pencapaian yang begitu gemilang bagi pasar mobil ramah lingkungan.

55 persen penjualan disumbangkan dari Negeri Tirai Bambu, disusul Eropa sebanyak 29 persen, Amerika Utara 12 persen, dan sisanya dari kawasan lainnya. Mungkin tak bisa diragukan lagi kalau penjualan model EV di negara tersebut sangatlah tinggi dan tren ini terus bertahan selama beberapa tahun. Apalagi Wuling cukup unggul disana dengan Hongguang Mini EV serta model listrik lainnya.

(Tesla)

Makin Mendominasi

Tapi untuk pasar global, ternyata penjualan mobil listrik Wuling masih belum dapat mengungguli Tesla. Tahun lalu saja merek mobil asal Amerika Serikat tersebut mampu menjual hingga lebih dari 900 ribu unit. Dengan ini Tesla mendominasi 21 persen penjualan mobil EV di seluruh dunia.

Mungkin angka ini cukup kecil, tapi ingat kalau ada banyak sekali merek mobil yang juga berjualan mobil listrik. Seperti Volkswagen Group, SGMW (SAIC-General Motors-Wuling), BYD, Hyundai-Kia, Stellantis, Great Wall Motor (GWM), Renault Group, dan BMW Group. Di pasar EV saja Tesla harus ‘dikeroyok’ oleh aliansi mobil yang cukup kuat di pasar roda empat.

Tapi apapun itu, penjualannya mampu mengungguli pesaingnya, dimana merek lainnya hanya mampu menjual kurang dari 500 ribu unit. Itu membuat dominasi Tesla di pasar mobil listrik menjadi semakin kuat.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: