Penjualan Mobil Honda di Jepang Terus Menurun, Kok Bisa?

RiderTua.com – Sepanjang tahun 2021, Honda masih bisa berjualan mobil dengan pencapaian yang cukup bagus di sejumlah negara. Seperti di Indonesia, dimana merek otomotif ini mencatatkan kenaikan penjualan 15 persen dari tahun 2020. Namun keadaan sebaliknya terjadi di Jepang, dimana penjualannya malah menurun cukup drastis. Padahal seharusnya Honda bisa membalikkan keadaan dengan produk yang dimilikinya.

Baca juga: Honda Bakal Rilis All New HR-V di Amerika Serikat, Tapi…

Hasil Penjualan Mobil Honda Menurun Drastis di Jepang

Mungkin kedengarannya cukup mengejutkan, sebab biasanya penjualan mobilnya di kampung halamannya selalu bagus. Bahkan jika melihat dari hasil penjualannya pada tahun lalu, Honda mampu menjual hingga 579.740 unit di Jepang. Hasil tersebut jauh lebih tinggi ketimbang penjualannya di Indonesia yang hanya mencapai 91.393 unit.

Namun sebenarnya hasil yang didapat Honda di Negeri Sakura mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2020. Saat itu mereka dapat menjual hingga 619.115 unit mobil, tapi ternyata penurunan ini bukan pertama kali terjadi disana. Sebab penurunan penjualan mobil Honda di Jepang sudah terjadi sejak tahun 2019.

(ToysMatrix)

Tak Bisa Dipulihkan?

Tahun 2018 lalu, Honda dapat menjual sebanyak 747.177 unit mobil, tapi setahun setelahnya menurun sedikit hingga 722.003 unit. Namun tahun 2020 dan 2021 menjadi tahun terburuk bagi Honda Jepang, karena angka penjualannya menurun cukup drastis. Biasanya mereka bisa menjual lebih dari itu, tapi sepertinya mereka tak bisa mencapai target yang ditentukan.

Entah apakah Honda dapat memulihkan angka penjualannya yang terus merosot ini. Sebab mereka dihadapkan dengan krisis chip semi-konduktor yang berkepanjangan, serta kondisi pasar yang belum sepenuhnya memulih. Tentu ini akan mempersulit Honda ditengah keadaan tersebut.

Tapi sebaliknya di Indonesia, penjualannya naik 15 persen dari tahun lalu. Padahal Honda sempat dihadapkan dengan dampak krisis chip, sehingga produksi Mobilio sempat terganggu. Namun nampaknya Honda masih bisa bertahan dalam keadaan tersebut berkat adanya insentif PPnBM.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: