Categories: MotoGP

Bos Dorna: MotoGP Memiliki Rider Terbaik di Dunia, Pembalap Indonesia?

RiderTua.com – Bos Dorna mengatakan MotoGP memiliki pembalap terbaik di dunia, dan fokus utama MotoGP saat ini adalah pasar Asia Tenggara (dengan kalender GP Indonesia) dan berbicara tentang pembalap Indonesia… Pada hari Kamis di Madrid, digelar konferensi EFE Sport Business Days yang mengambil tajuk ‘Pembiayaan dalam industri olahraga’ yang dihadiri presiden La Liga Spanyol Javier Tebas dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta. Di konferensi tersebut, Ezpeleta memberikan preview MotoGP musim 2022. Sang bos juga berbicara tentang era pasca Valentino Rossi, “Semua yang dia ‘tanam’ akan tetap ada. Dia juga telah mengkonsolidasikan seluruh timnya yang akan memiliki sponsor utama yang baru,” ujar Ezpeleta. Dan performa pembalap reli Dakar Danilo Petrucci yang juga cepat di balapan gurun. Membuktikan bahwa kualitas pembalap MotoGP sangat tangguh, berkat kompetisinya yang sangat-sangat ketat..

Bos Dorna: MotoGP Memiliki Pembalap Terbaik di Dunia

Ezpeleta mengomentari pengunduran diri legenda MotoGP Valentino Rossi pada akhir musim 2021. “Semua yang dia ‘tanam’ akan tetap ada. Dia juga telah mengkonsolidasikan seluruh timnya yang akan memiliki sponsor utama yang baru,” ujar Ezpeleta merujuk pada sponsor utama Mooney, yang 2 minggu lalu dikonfirmasi oleh VR46. Mooney adalah perusahaan proximity banking dan penyedia pembayaran yang didukung oleh SisalPay dan Banca 5 dari grup perbankan asal Italia Intesa Sanpaolo.

“Tentu saja ketidakhadiran Valentino akan terlihat jelas, itu telah terjadi beberapa kali dalam sejarah balap motor,” tambah bos Dorna itu, melihat musim pertama setelah era Rossi berakhir.

Ezpeleta yakin bahwa kejuaraan dunia balap motor disambut dengan sangat baik. “Di MotoGP kami memiliki 24 pembalap terbaik di dunia,” ujarnya yang tidak hanya merujuk pada Marc Marquez, tetapi juga kepada Danilo Petrucci.

Setelah 10 tahun dan meraih 2 kemenangan, Petrux tidak lagi menemukan tim di MotoGP. Pendatang baru reli gurun pasir itu menimbulkan sensasi dengan kemenangan etape di Reli Dakar tahun ini. “Meskipun ada bukit pasir, terlepas dari ‘titik jalan’ dan segalanya, dia salah satu pembalap tercepat,” puji Ezpeleta.

Carmelo Ezpeleta mengingatkan bahwa, MotoGP adalah salah satu olahraga besar pertama yang pergi ke berbagai negara seperti Qatar. Dia juga menjelaskan bahwa, balap motor akan dibawa sejauh mungkin dan harus muncul di seluruh dunia.

Fokus utama saat ini adalah pasar Asia Tenggara, dengan Sirkuit Mandalika yang menjadi trek baru pada kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor 2022. “Meskipun kami tidak memiliki pembalap Indonesia dan tidak ada MotoGP Indonesia, kami menjadi olahraga nomor satu yang ditonton di TV Indonesia,” tegas Ezpeleta.

Dengan 21 seri, kalender sementara untuk musim 2022 melampaui balapan musim sebelumnya (18 balapan). 6 minggu sebelum balapan awal musim di Qatar, CEO Dorna mengakui, “Target minimum adalah 19 balapan.”

Jumlah penonton yang diperbolehkan di paddock akan ditingkatkan lagi. “Jika kita mendapat ijin dihadiri 2.500 penonton bukan 1500, maka kita akan melakukannya. Berada di paddock seperti berada ke ruang ganti tim sepak bola,” pungkas Bos Dorna itu.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Hyundai Ioniq 5 Mendapatkan Varian N Lebih Dulu Dari Ioniq 6

RiderTua.com - Hyundai telah meluncurkan Ioniq 5 N sebagai mobil listrik berperforma tinggi pertama dari divisi mobil sport N. Model…

29 Maret 2024

Hyundai Belum Memutuskan Harga Kona EV Terbaru

RiderTua.com - Hyundai Kona Electric generasi terbaru telah dihadirkan di Indonesia, hanya saja harga jualnya tidak ikut diumumkan. Meski mereka…

29 Maret 2024

Honda akan Merilis Lebih Banyak Mobil HEV?

RiderTua.com - Honda baru memiliki dua mobil hybrid yang dijual di Indonesia, yaitu CR-V dan Accord e:HEV. Meskipun dijual dengan…

29 Maret 2024

Pramac : Bagnaia Bisa Saja Menghindari Kecelakaan dengan Marc

RiderTua.com - Kemenangan pertama musim ini untuk tim Pramac dan Jorge Martin, kandidat gelar MotoGP 2024 dan mengincar tujuan bersejarah: tim…

29 Maret 2024

Pedro Acosta Bisa Menang di Jerez, Tapi Kata Siapa?

RiderTua.com - Baru dua seri berlalu dan kecintaan banyak penggemar MotoGP terhadap Pedro Acosta sudah meroket. Bukan karena bakatnya saja,…

29 Maret 2024

Fermin Aldeguer Datang, Pramac Ducati Hengkang?

RiderTua.com - Bergabungnya Fermin Aldeguer dan dimana ditempatkan masih menjadi misteri... Bahkan kolaborasi Ducati dan tim Pramac juga masih belum…

29 Maret 2024