Toyota Akui Tren Hatchback Mulai Menurun

RiderTua.com – Baik segmen MPV maupun SUV masih menjadi segmen mobil favorit konsumen di Indonesia. Sementara MPV tetap dicari oleh banyak orang, tren SUV terus meningkat dengan pesat selama beberapa bulan terakhir. Namun keadaan sebaliknya terjadi di segmen hatchback dimana trennya mengalami penurunan. Padahal segmen ini cukup difavoritkan oleh konsumen.

Baca juga: Toyota Siapkan Mobil Ramah Lingkungan Mulai Tahun Depan!

Tren Mobil Hatchback Alami Penurunan

Sebenarnya jika dibandingkan dengan sedan, hatchback masih memiliki banyak peminat di Tanah Air. Apalagi produsen seperti Honda dan Toyota sudah menghadirkan model terbaru di segmen ini. Seperti City Hatchback yang dirilis April lalu sampai Yaris GR Sport dan GR Yaris.

Namun ternyata sejak diberlakukannya aturan pajak mobil terbaru yang berdasar emisi karbon, sepertinya membuat segmen hatchback mengalami penurunan tren. Produsen seperti Toyota Astra Motor (TAM) sudah menyadari itu sejak awal, dan mengaku trennya menurun saat ini. Walau mereka tak memprediksi itu akan terjadi, tapi mereka tahu kalau hatchback bakal diungguli oleh jenis mobil lainnya.

(Car Review Indonesia)

Segmen Sedan Mulai Memulih

Jenis mobil seperti sedan malah mengalami keadaan sebaliknya, dimana Toyota melihat adanya sedikit peningkatan dari segmen tersebut. Padahal sedan menjadi jenis mobil yang paling sedikit peminatnya di Tanah Air. Kini segmen ini didominasi oleh merek premium seperti Mercedes-Benz hingga BMW.

Walau demikian, Toyota melihat perubahan pajak mobil ini mulai menguntungkan segmen sedan, tapi tidak dengan hatchback. Tapi untuk sekarang ini, segmen MPV masih mendominasi penjualan mobil di Indonesia. Terbukti dengan penjualan Toyota sebagian besar tetap disumbangkan dari Avanza serta Veloz.

Entah apa yang akan dilakukan Toyota setelah mengetahui segmen hatchback mulai menurun trennya. Di segmen ini, mereka mengandalkan Yaris untuk melawan City Hatchback dkk. Penjualannya sudah terbantu oleh varian GR Sport maupun GR.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page