Categories: MotoGP

Hanya Bayar Sewa Motor, Pembalap Tim RNF Razali Digaji Yamaha

RiderTua.com – Tim satelit seperti Pramac dan LCR yang bekerja sama dengan Ducati Corse dan HRC, meraih beberapa keberhasilan di MotoGP. Pada tahun 2020 Morbido berhasil menjadi runner-up MotoGP dari tim satelit, yang belum pernah terjadi sejak Gresini-Honda dengan Sete Gibernau pada 2004 dan Marco Melandri pada 2005. Oleh karena itulah, Yamaha dan KTM secara bertahap juga membawa tim satelit mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Kolaborasi ini juga memberikan ‘hak suara’ lebih pabrikan tentang pembalap.

Pembalap terbaik dibayar oleh pabrikan, yang memunculkan hak untuk merekrutnya. Misalnya Franky Morbidelli dipindahkan dari tim Petronas SRT ke tim Monster Yamaha. Untuk tim WITHU-Yamaha RNF, Razlan Razali gaji kedua pembalap Dovizioso dan Darryn Binder ditanggung oleh Yamaha. Namun sewa motor sebesar Rp 72 Miliar per tahun tetap ‘diangsur’ RNF.. (Artikel ini bukan untuk narasi konten Youtube..!)

Hanya Bayar Sewa Motor… Pembalap Tim RNF Razali Digaji Yamaha

Pada 2019, Tim Yamaha Sepang Racing milik Razlan Razali dengan duo pembalapnya kala itu, Quartararo dan Morbidelli meraih kesuksesan luar biasa di musim debutnya itu. Misalnya, pembalap asal Prancis itu bersinar sebagai rookie dengan menorehkan 5 kali finis di tempat ke-2 dan 2 kali finis di tempat ke-5. Selain itu, secara mengejutkan El Diablo mengamankan 6 waktu kualifikasi terbaik di Jerez, Catalunya, Assen, Buriram, Sepang dan Valencia.

Yamaha bahkan membayar gaji pembalap Valentino Rossi pada tahun 2021. “Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan Yamaha. Mereka memahami pentingnya tim satelit yang kuat. Dan saya memperjuangkan status ini,” jelas Razlan Razali dalam sebuah wawancara.

“Yamaha tidak hanya melihat kami sebagai tim pelanggan yang membayar uang. Kami juga memutuskan bersama untuk mengontrak Fabio Quartararo di musim panas 2018. Dia adalah satu-satunya pembalap top yang andal di Yamaha musim lalu. Kami kemudian menyerahkan Franco ke Tim Pabrikan dan kami berakhir di tempat terakhir! Apakah ada yang ingin melihat itu?”

Yamaha telah mengumumkan perekrutan Andrea Dovizioso untuk sisa musim 2021 dan siaran pers terpisah untuk 2021, termasuk perekrutan rookie Moto3 Brad Binder untuk 2021. Duo pembalap ini juga digaji Yamaha.

“Tetapi ketika memilih pembalap, Yamaha dan tim memutuskan bersama,” tegas Razali, yang kini menjadi pemilik tim WITHU Yamaha RNF yang baru setelah perusahaan minyak asal Malaysia dan Sirkuit Sepang itu mundur dari tim balap.

“Kami senang Yamaha membayar para pembalap. Tapi kami tetap membayar sewa motor tersebut. Ini memberi kami suara dengan para pembalap,” imbuh pria asal Malaysia itu.

Tarif sewa sekitar 2,5 juta euro (Rp 40 miliar) per pembalap dan per musim. Sementara untuk part baru dalam rangka peningkatan teknologi ditagihkan secara terpisah. Paket A-spec dari rookie Binder yang mendapatkan motor M1 dari booth Valencia GP 2021 disewakan sedikit lebih murah. Mungkin sekitar 2 juta euro (Rp 32 miliar).

Razali menempatkan pengeluaran keuangan untuk Kejuaraan Dunia MotoGP dalam 3 hingga 5 tahun ke depan sebesar 11 hingga 13 juta euro. Dia tidak berniat menurunkan total anggaran di kelas premier dibandingkan 3 tahun terakhir.

Sponsor utama baru WITHU membayar kurang dari 5 juta euro (Rp 51 miliar), tetapi Dorna menyumbang hampir 5 juta euro. Selain itu, akan ada co-sponsor, mungkin juga sponsor baru dari industri minyak dan mineral.

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Stefan Bradl : Ketika Marc Marquez Jatuh, Acosta Pasti Tersenyum

RiderTua.com - Stefan Bradl dan Marc Marquez bekerja bersama untuk Honda selama bertahun-tahun. Setelah Baby Alien pindah ke tim satelit…

19 April 2024

Hasil FP1 WSBK Belanda 2024

RiderTua.com, TT Circuit Assen - Hasil FP1 WSBK Belanda 2024 ..Jumat (19/4/2024), Pembalap ROKiT - Motorrad , Toprak Razgatlioglu menjadi…

19 April 2024

Suzuki Pastikan Jimny 3-Door di Indonesia Aman Dari Recall

RiderTua.com - Suzuki sempat melakukan penarikan terhadap Jimny 3-door di Australia beberapa bulan lalu. Belum lagi dengan adanya recall dua…

19 April 2024

Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck Akibat Pedal Gas Bermasalah

RiderTua.com - Tesla menjadi salah satu merek mobil listrik yang cukup dikenal di seluruh dunia. Meski demikian, mereka juga dikenal…

19 April 2024

Chery dan Jaguar-Land Rover Bakal Kembangkan Mobil Listrik?

RiderTua.com - Chery telah menghadirkan sejumlah mobil listriknya di pasar global, termasuk Omoda E5. Meski demikian, mereka terbuka bagi merek…

19 April 2024

Alex Rins Berharap Banyak Pada Tes yang Dilakukan Cal Crutchlow di Barcelona

RiderTua.com - Setelah gagal menggelar tes di Portimao karena cuaca buruk dan kemudian COTA menjadi akhir pekan yang menyedihkan bagi…

19 April 2024