Mazda2-Toyota Yaris Resmi Jadi Mobil Kembar

RiderTua.com – Biasanya mobil kembar Toyota ‘gandengan’ dengan sub-brand-nya sendiri, entah itu Daihatsu atau Lexus. Tapi siapa tahu kalau mereka juga punya kembaran dari merek luar sub-brand, seperti Mazda. Baru saja Yaris dan Mazda2 sudah resmi menjadi mobil kembarnya Toyota-Mazda. Dengan ini mereka dapat saling berbagi platform dan fitur satu sama lain.

Baca juga: Mazda Siapkan CX-5 Facelift Tahun Depan?

Yaris dan Mazda2 Resmi Menjadi Mobil Kembar

Sebenarnya Mazda sudah bekerja sama dengan Toyota sejak lama, apalagi mengenai model Yaris dan Mazda2 yang dijualnya. Pernah suatu saat Toyota me-rebadge Mazda2 untuk dijual sebagai Yaris di Amerika Serikat. Apalagi Mazda berjualan model Bongo yang merupakan kembaran dari Toyota Town Ace dan Daihatsu Gran Max.

Kini giliran Mazda yang me-rebadge Yaris untuk dijadikan sebagai model terbaru Mazda2. Desainnya benar-benar tak berubah dan tak ada bedanya dengan Yaris yang dijual di sejumlah negara di Amerika Serikat. Hanya saja logonya yang diganti dari Toyota menjadi Mazda, serta memakai emblem Mazda2 di belakang mobil.

(Otosia)

‘Sama Persis’

Begitupun dengan interiornya, yang tak banyak mendapat ubahan layaknya eksteriornya. Mungkin ada yang menganggap kalau Mazda malas memberikan ubahan apapun, tapi yang namanya rebadge tentu yang diganti hanyalah logonya. Sementara eksterior dan interior tak berubah, fiturnya disesuaikan dengan tiap model.

Karena mengusung model yang sama dengan Yaris, maka Mazda2 mengusung mesin hybrid 1.500 cc 3 silinder dari Toyota. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga sebesar 114 hp jika dipadu dengan motor listriknya. Mesin hibrida ini diklaim bisa lebih hemat bahan bakar ketimbang mesin konvensional biasa.

Model ini memang hanya dijual di Amerika Utara, dan belum ada rencana untuk menghadirkannya di negara lainnya. Kalau Mazda2 ini dihadirkan di Indonesia, bisa jadi model tersebut bakal menjadi alternatif jika Toyota tak bisa membawa model terbaru Yaris.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page