Pertarungan Superbike di Australia Sangat Sengit

RiderTua.com – Pertarungan Superbike di Australia sangat sengit… Balap seri Superbike Australia ASBK yang digelar akhir pekan lalu di ‘The Bend’, menandai berakhirnya motorsport musim 2021. Balapan final musim kali ini bisa dibilang istimewa dan banyak menarik perhatian, karena kehadiran seorang pembalap MotoGP yang termasyur asal Australia Jack Miller ikut ambil bagian di balapan ini. JackAss adalah pembalap tamu yang tentu saja banyak menarik penggemar tambahan ke trek balap kali ini. Bagi rider pabrikan Ducati itu, terjun ke kancah Superbike Australia lebih dari sekadar kesenangan di akhir tahun. Pembalap berusia 26 tahun itu bertemu rekan senegaranya yang kuat seperti talenta muda Oli Bayliss dan Anthony West.

Pertarungan Superbike di Australia Sangat Sengit

Penampilan Jack Miller seperti yang sudah diperkirakan. Dia tampil luar biasa, baik di dalam dan di luar lintasan, bahkan berhasil naik podium di balapan kedua.

Persaingan di ASBK di Australia lebih kuat dari yang kita kira. Pembalap seperti Wayne Maxwell (Ducati), Glenn Allerton (BMW), Troy Herfoss (Honda), Aiden Wagner (Yamaha) dan yang tak kalah pentingnya Anthony West (Yamaha) tidak hanya mapan secara nasional, tetapi juga mengharumkan namanya secara internasional. Ada juga calon pembalap kuat seperti Oli Bayliss (Ducati), putra juara dunia 3 kali Troy Bayliss.

Miller berada di belakang pemimpin ASBK Wayne Maxwell dan start di tempat kedua di grid, baris pertama direbut oleh pembalap Yamaha Daniel Falzon. Bayliss menyelesaikan balapan terakhir di tempat ke-5, sementara West start di tempat ke-12. Rider Yamaha berusia 40 tahun itu tidak cukup pada tingkat kompetisi. West kalah 19 km/jam di kualifikasi dengan Miller-Ducati yang melaju secepat kilat.

Balapan digelar pada hari Minggu. Namun babak pertama dibatalkan, kemudian restart dilakukan terlambat 45 menit. Sementara Cru Halliday membukukan lap balapan tercepat dengan 1:51,598 menit (rekor lap Maxwell adalah 1:51,192 menit, ditetapkan pada 5 Mei 2021) balapan dihentikan pada lap ke-7 setelah terjadi crash. Miller saat ini berada di posisi ke-2 di belakang Maxwell.

Setelah restart, balapan sprint dilakukan hanya 3 lap. Tapi sayang, Miller tidak dapat menyelesaikan balapan karena dia ditabrak oleh Aiden Wagner. Maxwell mengambil kemenangan di depan Allerton dan Halliday. Bayliss dan West tidak bisa mencetak poin. Maxwell kini juga telah dipastikan sebagai juara ASBK 2021.

Balapan kedua pun tak kalah bergejolak. Lap pertama dibatalkan karena 4 dari 16 pembalap crash di tikungan 1 dan 3, yakni Hook, Falzon, Cooper dan mantan rookie Red Bull dan pembalap Kejuaraan Dunia Moto3 Arthur Sissis. Bahkan beberapa dari mereka harus dirawat secara medis.

Restart selama 10 lap berjalan lancar. Dengan rekor lap baru 1:50,972 menit, Maxwell pun merebut kemenangan kedua. Allerton kembali berada di urutan ke-2. Tempat ke-3 di podium jatuh ke tangan Miller. Pembalap pabrikan Ducati itu hanya kalah 5,8 detik dari pemenangnya. Oli Bayliss yang akan mengikuti Kejuaraan Dunia Supersport 2022 bersama Barni Ducati, finis di urutan ke-5. Lagi-lagi Anthony West gagal ‘membidik sasaran’.

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending Post

Latest Articles

Gerakan Literasi Nasional

Ayo Kita Dukung

Archives

You cannot copy content of this page