Honda Jazz Akhirnya Disuntik Mati di Thailand

1
(Honda Cars Philippines)

RiderTua.com – Setelah sekian lama akhirnya Honda Jazz disuntik mati di Thailand. Mobil hatchback ini sudah diproduksi selama dua dekade di Negeri Gajah Putih, cukup lama dari yang dibayangkan. Unit terakhir Jazz sudah keluar dari pabriknya di Thailand, menandai berakhirnya 20 tahun Jazz di negara tersebut. Mobil ini sudah digantikan oleh hatchback lainnya seperti Civic atau City Hatchback.

Baca juga: Honda Hentikan Produksi Mobilio, Kenapa?

Unit Terakhir Jazz Sudah Keluar Dari Pabriknya

Jazz sudah lama dijual di Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Thailand. Kedua negara ini sempat menjadi pasar yang diandalkan Jazz ketika berada dalam masa jayanya, saat hatchback masih ngetren. Honda sempat menjadikannya sebagai salah satu unggulannya.

Tapi apa daya, Honda terpaksa harus menghentikan produksinya karena sudah tak laku lagi di pasar. Meski yang sebenarnya terjadi yaitu Honda tak bisa membawa model terbaru Jazz ke Indonesia maupun Thailand. Apalagi pasar Asia Tenggara disebut kurang cocok bagi Jazz generasi terbaru yang dijual di Jepang.

(Honda Indonesia)

Diganti Hatchback Lain

Model terbaru Jazz memang cukup bagus, tapi rasanya kurang pas kalau dibawa ke Indonesia atau negara di Asia Tenggara lainnya. Jelas karena Jazz sudah lama dikenal sebagai hatchback sporty, dan kalau model anyarnya dibawa maka kesan sporty-nya hilang begitu saja. Tentu Honda tak ingin mengecewakan konsumennya, walau itu harus dibayar dengan ‘mengorbankan’ Jazz.

Sebagai gantinya, mereka sudah menghadirkan hatchback lainnya seperti varian hatchback untuk Civic dan City. Untuk City Hatchback sendiri, mobil ini baru seumur jagung tapi sudah mencatatkan hasil penjualan yang cukup bagus. Walau di Indonesia hanya ada satu varian, penjualannya sudah mengungguli Jazz sebelumnya.

Honda memang sudah melepas hatchback unggulannya tersebut di Indonesia dan Thailand. Tapi jelas mereka tak bisa meninggalkan segmennya begitu saja, dan mereka sudah memiliki pilihan alternatifnya.

1 COMMENT

Leave a Reply