Honda Hentikan Produksi Mobilio, Kenapa?

1
(Honda Cars Philippines)

RiderTua.com – Kabar mengejutkan datang dari Honda, dimana mereka mengumumkan tak lagi memproduksi Mobilio di Indonesia. Padahal mobil ini menjadi unggulannya di segmen low MPV selama ini. Entah apa yang menyebabkan produksi Honda Mobilio disetop begitu saja secara spontan. Tapi ada yang menyebut kalau angka penjualannya yang menurun drastis menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Penjualan Mobil Honda Indonesia Anjlok, Kenapa?

Penyebab Dihentikannya Produksi Honda Mobilio

Walau Honda Prospect Motor (HPM) fokus pada penjualan SUV-nya, tapi jelas mereka tak bisa melupakan LMPV unggulannya, Mobilio. Pertama kali dijual pada tahun 2014 lalu, model ini sempat menjadi penantang Avanza-Xenia dkk. Bahkan Mobilio sempat memenangkan penghargaan sebagai mobil terbaik di Indonesia di tahun yang sama.

Namun dengan persaingan yang semakin ketat, membuat Mobilio semakin sulit dalam bersaing di segmennya. Bahkan model ini belum memasuki generasi terbaru selama lebih dari 7 tahun, walau sempat mendapat sedikit penyegaran. Jadi kemungkinan inilah penyebab kenapa Mobilio dihentikan produksinya, walau sebenarnya bukan itu penyebabnya.

(Tempo.co)

Krisis Chip

Yang sebenarnya terjadi yaitu terjadinya krisis chip semi-konduktor yang melanda saat ini. Nampaknya krisis ini sudah meluas hingga mempengaruhi sejumlah produksi mobil Honda seperti Mobilio. Sehingga memaksa Honda untuk menghentikan produksi LMPV ini untuk fokus ke produksi model lainnya yang memiliki jumlah permintaan tinggi.

Walau sebelumnya, krisis ini sudah mempengaruhi penjualan HPM pada September lalu yang mengalami penurunan drastis. Tentu itu sudah menjadi masalah bagi Honda, terlebih dengan permintaan konsumen akan mobil baru meningkat sejak insentif PPnBM 100 persen diperpanjang. Namun HPM akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua permintaan tersebut.

Memang penghentian produksi Mobilio ini disebabkan oleh krisis chip, tapi sempat muncul dugaan lainnya mengenai penyebab tersebut. Karena model ini jarang dirombak, ada kemungkinan Honda bakal menyiapkan generasi terbarunya. Tapi sejauh ini belum ada sinyal dari Honda yang akan menghadirkan All New Mobilio di Tanah Air.

1 COMMENT

Leave a Reply