Daihatsu Enggan Pasang Mesin Rocky Pada Ayla

1
(Okezone Oto)

RiderTua.com – Baik Rocky maupun Raize sama-sama memakai mesin tiga silinder 1.000 cc turbo dan 1.200 cc n/a. Dua jenis mesin ini mampu memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Namun Astra Daihatsu Motor (ADM) belum tertarik untuk memakaikannya pada produk lainnya seperti Ayla. Padahal mesin yang digendongnya hampir sama dengan Rocky.

Baca juga: Rencana Daihatsu Untuk Pameran GIIAS 2021

ADM Belum Tertarik Hadirkan Mesin Rocky Untuk Ayla

Daihatsu memiliki segelintir model dengan mesin 1.000 cc, salah satunya Rocky dan Ayla. Keduanya memang berbeda jenis, dimana Rocky berupa compact SUV sedangkan Ayla adalah mobil LCGC. Namun pilihan mesin pada keduanya sama-sama memiliki kapasitas 1.000 cc, hanya saja dengan spek yang berbeda.

Mesin Rocky berkode WA-VE memiliki konfigurasi tiga silinder, sementara mesin Ayla 3NR berupa mesin empat silinder. Yang membedakannya jelas dari efisiensi bahan bakarnya, dimana Rocky lebih irit ketimbang Ayla. Tentu ini membuat banyak orang berharap ADM bisa menghadirkan mesin Rocky pada LCGC 5-seater tersebut.

(Daihatsu)

Belum Ada ‘Pengganti’

Mengenai itu, ADM mengaku belum tertarik untuk menghadirkan mesin tersebut untuk Ayla. Mungkin ada maksud tersendiri dari pernyataan tersebut, karena tak mudah untuk menerapkannya pada model lainnya tanpa pengujian. Apalagi belum tentu mesinnya bisa ‘jodoh’ dengan model selain Rocky.

Selain itu, Daihatsu belum menyiapkan pengganti dari Ayla maupun Sigra, yang juga berupa model LCGC. Yang dimaksud ‘pengganti’ disini kemungkinan adalah model terbaru dari Ayla-Sigra, alias model generasi terbaru. Keduanya sudah hadir di Indonesia selama lebih dari 5 tahun, dengan banyaknya facelift yang didapatnya.

Soal penjualannya, baik Ayla maupun Sigra masih cukup bagus hingga bulan ini. Segmen LCGC masih menjanjikan, meskipun segmen SUV dan MPV mulai menjamur belakangan ini.

1 COMMENT

Leave a Reply