‘Supermini’ Audi A1 Mau Disuntik Mati?

1
(Audi MediaCenter)

RiderTua.com – Mendengar kata ‘supermini’, bagi pecinta mobil Audi tentu akan terpikir dengan model A1. Mobil ini sudah cukup lama hadir selama lebih dari satu dekade dan menghadirkan varian Sportback. Namun muncul kabar buruk kalau Audi akan menghentikan penjualan dan produksi A1. Sebab angka penjualan model ini terus menurun tiap tahunnya.

Baca juga: Audi Hanya Sediakan EV Mulai Tahun 2026

Audi akan Hentikan Penjualan A1

Memang ini kedengarannya seperti suatu kenyataan pahit yang harus diterima oleh pecinta supermini Audi. Tapi apa boleh buat, Audi terpaksa tak bisa mempertahankan A1 begitu lama karena dianggap takkan menguntungkan untuk beberapa tahun ke depan. Terlebih penjualannya sudah terpantau menurun selama beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2019 saja, A1 bisa terjual hingga 77.868 unit di Eropa, tapi setahun setelahnya menurun drastis hingga 58.224 unit. Padahak A1 bisa terjual hingga 96.576 unit pada tahun 2016 silam, dan itu menjadi pencapaian tertinggi yang diraih oleh supermini Audi tersebut. Tapi karena berubahnya kondisi pasar disana membuat angka penjualannya menurun.

(DriveK)

Takkan Ada Pengganti

Melihat adanya penurunan penjualan A1, Audi merasa kalau A1 takkan bisa bertahan untuk beberapa tahun ke depan. Sebab dengan semakin pesatnya perkembangan mobil ramah lingkungan di Eropa, mobil konvensional atau ICE (internal combustion engine) akan kalah dengan model hybrid atau listrik. Apalagi mereka harus menghentikan produksinya karena dianggap memakan biaya produksi lebih.

Oleh karena itulah, Audi berniat untuk menyuntik mati A1, walau belum jelas kapan itu akan terjadi. A1 dipastikan takkan mendapat penggantinya, sehingga model ini benar-benar akan segera diakhiri produksinya. Audi terpaksa untuk melakukan ini demi bisa fokus ke elektrifikasi produknya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Audi mulai mengejar target untuk menyediakan mobil listrik saja mulai tahun 2026. Nampaknya mereka ingin menjadi yang nomor satu di Eropa dalam hal lini mobil listrik.

1 COMMENT

Leave a Reply