Mike Leitner: Dani Pedrosa Berperan dalam Pengembangan Honda

1

RiderTua.com – Mike Leitner yang telah membangun proyek MotoGP di KTM Factory Racing sejak 2015, sebelumnya adalah kepala kru Dani Pedrosa (250 cc dan MotoGP) selama 11 tahun. Persahabatan dan saling menghormati yang dihasilkan memberikan kontribusi signifikan terhadap fakta bahwa Dani Pedrosa, seorang veteran Honda, dipekerjakan Red Bull-KTM sebagai tes rider ‘premium’ setelah pensiun dari Repsol-Honda pada akhir 2018. Banyak ahli menilai bahwa keterampilan Pedrosa sebagai rider pengembangan sangat rendah di Honda. Leitner tidak setuju dengan pendapat itu. “Dani selalu terlibat dalam pengembangan MotoGP Honda,” kata bos pabrikan asal Austria itu yang bersama-sama bertanggung jawab atas 28 dari 31 kemenangan MotoGP pembalap asal Spanyol itu. Dan KTM baru saja mengkonfirmasi wildcard untuk Dani di GP Spielberg pada 8 Agustus.

Mike Leitner: Dani Pedrosa Berperan dalam Pengembangan Honda

Sekarang KTM telah mengkonfirmasi comeback-nya juara dunia tiga kali (125 cc pada 2003 dan 250 cc pada 2004 dan 2005) sebagai pembalap dengan fasilitas wildcard, yang telah terbukti sangat berperan bagi kebangkitan KTM mulai 2019.

“Dani tidak lagi menolak balapan. Tapi itu hanya akan terjadi ketika kami punya materi 2022 siap yang ingin kami uji di balapan dalam kondisi kompetitif,” ungkap Mike Leitner pada Maret 2021.

Sementara itu, keikutsertaan rider berusia 35 tahun itu di GP Styrian pada 8 Agustus telah dikonfirmasi. Sebagai rider berbobot ringan dengan berat 58 hingga 60 kg, Pedrosa tentu punya ‘kartu bagus’ di Red Bull Ring dengan banyak fase akselerasi dan pengereman.

Tapi jika lawannya berpikir bahwa Dani Pedrosa adalah satu-satunya pembalap yang diuntungkan karena rajin melakukan tes di Spielberg pada 2021, maka itu adalah kesalahan. “Karena trek uji kami adalah Aragon, Jerez, dan Misano,” kata Manajer Balap KTM Mike Leitner.

Artinya, KTM tidak diperbolehkan melakukan tes di Red Bull Ring sebelum dua balapan. Regulasi ini mencegah tim pabrikan kaya mengirim tes rider mereka ke setiap trek, setidaknya di Eropa sebelum balapan, untuk menyiapkan motor sehingga jelas punya keuntungan.

Keuntungan Dani Balapan Lagi apa?

Apa untungnya bagi KTM jika Dani Pedrosa ambil bagian di GP Styria, setelah istirahat dari balapan selama 955 hari? Apakah hasilnya dihitung? Atau dia berkonsentrasi pada pengembangan mesin pabrik 2022?.. Mike berkata, “Dani telah mencapai banyak hal dalam pengembangan KTM lebih lanjut. Itu jelas. Pada 2019, sejak kali pertama dia dengan jelas mengidentifikasi dan menyebutkan titik-titik lemah kami. Dia memberi tahu kami dengan tepat di mana dia menginginkan perubahan, yang banyak membantu kami dengan proyek kami pada tahap awal ini.”

“Tentu saja, kami kemudian harus menemukan solusi teknis yang tepat. Tapi itu sangat membantu ketika tes rider membuat komentar yang tepat seperti itu.”

“Kami akan mengambil hasil balapan Dani sebagaimana adanya. Tentu akan sedikit mengecewakan jika kami punya harapan yang tinggi untuk hasil yang ditorehkannya, setelah istirahat panjang dari balapan. Tapi Dani adalah pembalap spesial. Apalagi di balapan, dia selalu bisa menyulap sesuatu. Kita lihat saja ke mana akhirnya.”

1 COMMENT

Leave a Reply