Bikin Melongo! 4 Motor Ducati Melesat di Depan Saat Start

0

RiderTua.com – Johann Zarco mengingat kembali momen start ke-4 motor merah Ducati, seperti yang disebutkan lap awal balapan tadi malam di Qatar itu sebagai dominasi Ducati yang jelas terlihat di tikungan pertama dan seterusnya, bahkan hampir di sebagian besar balapan dengan Bagnaia. Race tadi malam dengan teknologi terbaru Borgo Panigale, 4 motor Ducati melesat di depan saat start dan memasuki tikungan pertama!… Kenapa Ducati bisa secepat kilat saat start hingga menuju tikungan pertama? salah satu perangkat baru yang membantu itu adalah holeshot device yang sudah disempurnakan (varian ketiga).

4 Motor Ducati Melesat di Depan Saat Start

Power atau top speed memang bukan penentu kemenangan, sudah dibuktikan oleh Vinales tadi malam di Qatar. Namun dalam balapan, kecepatan di sektor manapun perlu kompromi.. Yamaha dengan cornering speed ( kecepatan di tikungan) dan Ducati yang galak di trek lurus adalah dua komposisi yang jika sudah ditahklukkan maka motor itu akan mendominasi, diluar manajemen ban…

Holeshot Pertama 2018

Di penghujung tahun 2018, Ducati memperkenalkan sistem ‘Holeshot’ yang terinspirasi dari ajang balap motorcross, perangkat ini bekerja dengan menurunkan dan mengunci suspensi belakang saat diaktifkan secara manual (sesuai regulasi). Dengan cara ini, pembalap Ducati dapat melakukan start dengan lebih baik segera setelah lampu start padam, menghindari kecenderungan wheelie (roda depan terangkat) dan mengurangi intervensi elektronik untuk membatasi terangkatnya roda depan. Untuk menonaktifkannya, dengan pengereman pertama kali, sehingga mengembalikan motor ke posisi normal.

Versi Kedua 2019

Langkah Ducati dalam menyemprnakan device ini selanjutnya tampak pada akhir 2019, ketika para pembalap Ducati mulai menggunakan Holeshot dalam balapan dan tidak hanya saat start saja. Hal ini dibuktikan di GP Malaysia saat Jack Miller mengalami masalah dengan alat ini, di mana bagian belakang Desmosedici-nya ‘ceper’. Dengan aksi tersebut, menegaskan bahwa holeshot mereka tidak hanya bekerja saat lap pertama balapan saja.

Varian Ketiga 2021

Dengan terhentinya pengembangan mesin untuk musim 2021, Ducati tak membuang waktu dan telah menghadirkan salah satu hal baru lagi. Tim Italia telah mengembangkan sistem holeshot bagian depan, yang dapat dilihat dalam tes Jerez di mana mereka muncul dengan warna perak di shock depan. Sistem yang sama digunakan oleh Aprilia selama satu musim, sistem holshot depan ini juga mengikuti filosofi yang sama yaitu membatasi wheelie juga. Saat diaktifkan, keseimbangan motor berubah, memberi beban lebih pada roda depan saat shock menekan serta menurunkan pusat gravitasi. Karena garpu depan tidak langsung bergerak vertikal, ini memungkinkan roda bergerak ke belakang, meningkatkan bobot statis bagian depan.

Itulah kunci kuatnya motor Ducati saat start dan bikin melongo, dan kedepan tim lain pasti akan mengikuti juga.. Kalau semua sama-sama cepatnya saat start, maka persaingan kecepatan dengan teknologi ini akan tiada habisnya…

Leave a Reply