Pasar Mobil EV di Indonesia Dikuasai Hyundai?

0
(Hyundai Simprug)

RiderTua.com – Mungkin untuk saat ini masih belum banyak mobil listrik atau EV yang dijual di Indonesia. Walau begitu, kini segmennya sudah terbentuk walau masih didominasi oleh SUV. Meski begitu, Hyundai disebut sudah menguasai segmen mobil listrik di Tanah Air. Tentu saja karena Ioniq dan Kona EV menjadi model yang cukup difavoritkan oleh konsumen.

Baca juga: Hyundai Resmi Luncurkan Tucson PHEV!

Hyundai Sudah Menguasai Segmen Mobil Listrik

Sampai sekarang Hyundai Motors Indonesia (HMI) baru memiliki dua mobil listrik, yaitu Kona versi EV dan Ioniq. Keduanya sudah dihadirkan pada akhir tahun 2020 lalu, walau Ioniq hadir lebih dulu. Walau saat itu mobil sedan ini hanya disediakan bagi perusahaan taksi.

Sejak menghadirkan kedua mobil ini, Hyundai terkejut karena Ioniq dan Kona EV mendapat sambutan positif dari konsumen Indonesia. Bahkan dari hasil penjualannya saja masih menunjukkan keduanya terjual dalam jumlah banyak. Walau Kona Electric terjual lebih banyak ketimbang Ioniq.

(Auto Express)

Ioniq dan Kona EV

Tentu ini membuat Hyundai menjadi pemimpin segmen mobil listrik di Tanah Air. Biasanya segmen mobil lainnya, termasuk jenis konvensional, dikuasai oleh merek mobil asal Jepang. Mungkin ini menjadi yang pertama kalinya ada merek luar Jepang yang menguasai segmen mobil disini.

Tak seperti biasanya, Hyundai tak memasang target penjualan untuk kedua mobil EV miliknya. Mereka hanya fokus sebagai ‘game changer’ di kelasnya, atau dalam arti lain sebagai pemimpin di segmen mobil listrik. Ioniq dan Kona EV bisa dikatakan membawa sebuah perubahan besar bagi segmennya di Indonesia.

Dengan kesuksesan kedua model unggulannya tersebut, entah apakah Hyundai mau mendatangkan model lainnya. Dikabarkan kalau merek asal Korea Selatan ini akan mengenalkan All New Carnival pada tahun ini, serta Tucson yang juga berupa model baru. Keduanya pernah dijual di Indonesia sebelum ‘menghilang tanpa jejak’ tanpa ada alasan jelas.

Leave a Reply