Toyota-Daihatsu Umumkan Recall Mobil di Indonesia!

0
(Toyota Motors Cebu)

RiderTua.com – Entah mengapa recall masalah fuel pump pada mobil seakan tak selesai hingga kini. Baru-baru ini Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) menarik hingga ribuan unit mobilnya di Indonesia. Recall mobil Toyota dan Daihatsu ini masih sama seperti sebelumnya, hanya saja kini melibatkan lebih banyak model. Tak hanya Avanza-Xenia hingga Rush-Terios, ada juga Voxy sampai Camry.

Baca juga: Toyota Siapkan e-TNGA Terbarunya, SUV?

Recall Mobil Toyota dan Daihatsu Melibatkan Banyak Model

Ini tentu bukan pertama kalinya Toyota dan Daihatsu menarik mobilnya di Indonesia gara-gara fuel pump. Sekitar beberapa bulan lalu, mereka mengumumkan recall terhadap sejumlah produknya. Apalagi mereka juga sudah menarik ribuan unitnya di negara tetangga selain Indonesia.

Kali ini recall mobil kembali melibatkan Avanza-Xenia, Rush-Terios, FJ Cruiser, Alphard, Corolla, Innova, Fortuner, dan Hilux. Hanya saja unit yang terdampak bertambah, yaitu Camry, C-HR, Voxy, serta Sirion, rata-rata unit tahun produksi 2017 sampai 2019. ADM menarik hingga 97.290 unit, sedangkan TAM masih belum diumumkan, tapi kemungkinan bisa mencapai lebih dari 100 ribu unit.

(Foto: Liputan6.com)

Fuel Pump Bermasalah (Lagi)

Masalah akibat fuel pump alias pompa bensin sudah menjadi masalah global yang harus ditangani. Masalah tersebut disebabkan oleh kualitas material yang kurang bagus, sehingga menyebabkan bagian ini tak dapat bekerja dengan normal. Akibatnya mobil tak bisa dinyalakan dengan normal, bahkan berpotensi mesin mati mendadak ketika dikendarai.

Agar menjamin keselamatan penggunanya, TAM dan ADM sudah mengirim pemberitahuan kepada para pemilik mobil yang masuk dalam daftar tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa mengecek lewat website resmi Toyota dan Daihatsu Indonesia. Jika mobilnya terdampak recall, maka bisa dibawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian komponen. Seperti biasanya, pemilik tak perlu membayar alias gratis.

Toyota dan Daihatsu sepertinya harus menuntaskan recall fuel pump di Indonesia, tak seperti yang dulu. Tak hanya kedua merek ini yang menarik mobilnya di Tanah Air, masih ada Nissan-Mitsubishi serta Honda yang sudah melakukannya beberapa bulan lalu.

Leave a Reply