Pakar MotoGP Simon Crafar: Setelah Tes Qatar Yamaha Terbukti yang Terbaik di Kelasnya!

0

RiderTua.com – Simon Crafar: Setelah tes Qatar Yamaha terbukti yang terbaik di kelasnya, secara historis, Qatar adalah trek yang bagus untuk Yamaha… Pakar MotoGP Simon Crafar menilai, jika hasil tes pramusim MotoGP musim 2021 bagi pabrikan asal Iwata-Jepang itu sangat mengesankan. Simon masih penasaran, bagaimana Yamaha bisa begitu cepat di Qatar? Padahal motor mereka tidak secepat itu, terutama di trek lurus yang panjang. Simon mencoba menganalisa, hasil luar biasa yang ditorehkan Yamaha di tes ini apakah membawa keuntungan bagi mereka, saat melakoni balapan ganda di sirkuit Losail pada 28 Maret dan 4 April mendatang?

Simon Crafar: Setelah Tes Qatar Yamaha Terbukti yang Terbaik di Kelasnya

Bukan tanpa alasan Simon Crafar menempatkan Yamaha sebagai pabrikan terbaik di kelasnya. Yamaha terbukti mampu melakukan persiapan pramusim 2021 dengan sangat baik. Tiga dari empat pembalapnya berhasil masuk 4 besar dan satu pembalap di tempat ke-11, not bad. Mereka memiliki empat pembalap yang tidak hanya cepat di Qatar pada single lap (terutama Vinales dan Quartararo) tetapi semua pembalap Yamaha cepat dalam long runs – simulasi balap mereka. Sungguh sangat mengesankan.

Simon menjelaskan alasannya beropini seperti itu. Dia berkata, “Kami telah melihat mereka menguji dua sasis, tahun lalu dan tahun ini. Sasis yang baru dikonfirmasi sebagai pilihan pertama oleh kedua pembalap pabrikan. Kami telah melihat atau telah mengkonfirmasi adanya lengan ayun ( swing arm) baru, perangkat elektronik, sedikit perubahan pada fairing depan yang sepertinya telah meningkatkan top speed.”

“Serta spatbor depan baru yang radikal, yang saya sebut ‘pria botak’. Karena ban depannya menyembul keluar melalui bagian atas yang memungkinkan udara untuk mengalir di atasnya dalam perjalanan ke radiator. Saya yakin spatbor ini ditujukan untuk memperbaiki masalah overheating ban depan, yang menimpa Yamaha di balapan seperti Aragon 2020. Pabrikan lain juga mengalami masalah yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Jadi saya yakin mereka semua memperhatikan dengan cermat.”

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP sangat percaya diri mampu meraih hasil positif, menjelang GP Qatar menyusul tes impresif mereka di Losail…

Meski begitu, Simon masih penasaran, bagaimana Yamaha bisa begitu cepat di Qatar? Padahal motor mereka tidak secepat itu, terutama di trek lurus yang panjang. Tetapi kenyataannya mereka bisa mengimbangi waktu di tengah lintasan. Yamaha menangani tikungan dan melakukan cornering dengan baik dibandingkan dengan mesin V4, seperti yang dilakukan Suzuki, dan inilah yang saya pikirkan.”

“Selama 2 hari pertama tes, tingkat cengkeraman Yamaha tinggi. Cengkeraman tinggi berarti Yamaha dapat berbelok dengan baik dan memiliki cornering speed yang lebih tinggi. Jika kondisi cengkeraman yang lebih rendah, kita bisa melihat, keunggulan mereka hilang.”

“Selain itu, secara historis, Qatar adalah trek yang bagus untuk Yamaha. Saya pikir mereka akan sedikit khawatir tentang bagaimana sasis 2021, dan bagaimana semua part baru akan bereaksi ketika tiba di Eropa. Karena di situlah kejuaraan akan dimenangkan atau dikalahkan.”

Leave a Reply