Stefan Bradl: Tes Hari Pertama Tak Ada yang Mengecewakan Bagi Saya

0
Stefan Bradl-HRC
Stefan Bradl- HRC

RiderTua.com – Stefan Bradl mengatakan bahwa secara keseluruhan tes hari pertama tak ada yang mengecewakan… Kemarin, Stefan Bradl bersama Repsol Honda bersinar pada tes MotoGP hari Sabtu di Qatar. Di antara 29 pembalap dia mencatatkan waktu tercepat kedua. “Saya menikmatinya,” ujarnya puas.

Stefan Bradl: Tes Hari Pertama Tak Ada yang Mengecewakan Bagi Saya

Stefan Bradl dengan sempurna mempertahankan performa terbaiknya, yang mampu dia tunjukkan dengan menempati posisi ke-7 di GP Portugal pada 22 November lalu. Melalui tes yang dilakukannya selama beberapa hari di Jerez pada bulan Desember, Januari dan Februari.

Setelah membukukan catatan waktu terbaik dalam tes shakedown pada hari Jumat, dia berhasil menambah 0,671 detik di Sirkuit Losail pada tes hari Sabtu. Torehannya ini sejauh ini membuatnya menjadi pembalap Honda terbaik, dan hanya dikalahkan oleh Aleix Espargaro (urutan 1) dengan selisih 0,256 detik.

Saat tes hari Jumat, tes rider Honda itu mengatakan bahwa para profesional MotoGP akan terbiasa lagi dengan para pembalap MotoGP setelah setengah hari. Tapi dia menjaga jarak dengan sebagian besar pembalap reguler, dan sadar bahwa dia harus meningkat secara signifikan jika dia ingin tetap berada di 5 besar pada akhir tes pada 12 Maret. Karena Maverick Vinales mengambil posisi terdepan pada 2019 dengan catatan waktu 1: 53,546 menit.

Pembalap asal Jerman yang telah mencapai 51 kali masuk 10 besar di kelas MotoGP itu berkata, “Tujuan kami hari ini adalah melanjutkan sesi yang kami tinggalkan pada hari Jumat. Pada akhirnya, kami berhasil melakukannya dengan sangat baik. Kami juga terus mengerjakan rencana tes dengan baik.”

“Alhasil, catatan waktunya juga cukup lumayan. Performa kami benar-benar memuaskan. Sangat menyenangkan bisa bekerja seperti ini. Saya harus menyebutkannya sekali. Saya menikmatinya. Tetapi persaingan tidak akan butuh waktu lama untuk kembali normal. Keseimbangan kekuatan akan berubah secara signifikan lagi pada hari Minggu. Dan pada tiga hari terakhir tes dari Rabu hingga Jumat, lintasan akan menyatu seperti yang kita ingat pada MotoGP tahun lalu.”

Kecuali Yamaha, Kekuatan dari 6 Pabrikan Seimbang

Keseimbangan enam pabrikan sangat mengesankan, masing-masing satu pembalap dari Aprilia, Honda, Suzuki dan Yamaha dan dua bintang Ducati mendarat di antara 7 besar pada tes hari Sabtu. Dari semua pembalap, Yamaha (tujuh kemenangan pada 2020) tidak bisa melampaui tempat ke-7.

“Sejauh ini tidak ada yang mengejutkan saya, karena Aprilia telah menyelesaikan beberapa hari tes di Jerez pada bulan Februari. Dan sejauh ini tidak ada yang mengecewakan saya, karena ini adalah yang pertama dari 5 hari tes. Setiap orang memiliki rencana tes yang besar dan pendekatan yang berbeda. Dan akan ‘ditagih’ pada balapan pertama.”

By the way, sejauh ini Stefan Bradl diperkirakan akan melakoni dua balapan di GP Qatar pada 28 Maret dan 4 April di Repsol-Honda, bukan Marc Marquez. Pasalnya, juara dunia 8 kali itu belum mendapat lampu hijau dari dokter untuk berlatih dengan motor.

Sementara itu rekan setimnya Pol Espargaro dan Danilo Petrucci (KTM) jelas tertinggal jauh dari Bradl, mereka berdua hanya menempati urutan ke-17 dan ke-23.

Mengomentari hal ini, Bradl berkata, “Jarak selisih waktunya pendek. Untuk hari pertama, penempatan Pol dan Danilo tidak mengkhawatirkan, karena satu beradaptasi lebih cepat. Dan di hari berikutnya mungkin butuh waktu 2 hari lebih lama. Namun pada dasarnya setiap pembalap kini memiliki cukup waktu di trek ini untuk beradaptasi dengan kondisi. Selain itu, memeras satu putaran cepat adalah satu hal. Ritme balapan yang konstan adalah cerita yang sama sekali berbeda.”

“Saya tidak pernah benar-benar berburu waktu pada tes hari Sabtu. Kalau begitu, saya pasti mencoba sesuatu, itulah naluri balapan yang normal. Saat saya mengetahui ada ban baru di dalamnya, saya secara otomatis mencoba menekan sedikit. Tapi itu bukan fokus utama kami. Itu bukan hari terakhir tes,” pungkas pembalap berusia 31 tahun itu.

Leave a Reply