Hasil Tes Shakedown Qatar, Stefan Bradl Belum Tumbangkan Rekor Vinales

0

RiderTua.com – Hasil tes shakedown Qatar, Stefan Bradl tercepat, namun belum bisa tumbangkan rekor jago latihan Maverick Vinales. Tes rider Stefan Bradl mengumpulkan data penting untuk Honda, dan pada saat yang sama dia menetapkan waktu tercepat hari itu dalam tes shakedown di Qatar. Rookie terbaik hari Jumat adalah juara dunia Moto2 Enea Bastianini.

Hasil Tes Shakedown Qatar, Stefan Bradl Tercepat

Stefan Bradl meraih kesuksesan di tes resmi pertama MotoGP musim 2021di Qatar. Tes rider Honda itu menetapkan catatan waktu terbaik harian pertama musim 2021 pada tes shakedown di Qatar, dia juga yang bekerja paling keras dengan melahap 60 lap.

Selama tes, tentu saja para pembalap tidak terlalu mementingkan catatan waktu. Tetapi Bradl tidak hanya telah melakukan pekerjaan penting untuk timnya, tetapi juga telah menorehkan hasil positif sejak hari Jumat. Selain Bradl, ada 12 pembalap lainnya yang ikut dalam tes itu termasuk rookie MotoGP Luca Marini, Enea Bastianini dan Jorge Martin (semuanya Ducati). Lorenzo Savadori juga masuk dalam klasifikasi rookie, karena musim ini dia akan menyelesaikan musim penuh pertamanya.

Dalam kondisi berangin dan suhu udara mencapai 20 derajat, Bradl ‘menjilat’ Sirkuit Internasional Losail dalam waktu 1: 55,614 menit. Disusul Cal Cruchlow sebagai tes rider baru Yamaha. Dia berbagi pekerjaan dengan Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane. Uniknya, di Yamaha, para pembalap bertukar motor satu sama lain, setelah menyelesaikan setiap tugas. Itulah mengapa mereka terdaftar sebagai tes 1 sampai 3 di lembar waktu.

Pendatang baru tercepat adalah Enea Bastianini, yang pada awalnya partisipasinya masih dipertanyakan. Pembalap asal Italia itu tidak dapat melakukan penerbangan sesuai rencana. Alasannya, dia tidak dapat menunjukkan hasil tes kesehatan yang jelas. Pembalap berusia 23 tahun itu bergaul dengan baik di lokasi bersama rekan-rekan rookie-nya di tempat mereka.

Masih Belum Bisa Menumbangkan Catatan Waktu Vinales

Selain tim Esponsorama Avintia Racing, Aprilia Racing Team diwakili dengan kekuatan penuh. Pada hari pertama, Tim konsesi yang tersisa ini mengandalkan masukan dari Savadori. Aleix Espargaro seharusnya diizinkan untuk mengendarai juga, tetapi pembalap asal Spanyol itu melihat tidak ada manfaatnya mengambil risiko terlalu tinggi dalam kondisi cuaca buruk.

Michele Pirro mengumpulkan data untuk tim pabrikan Ducati, sementara KTM mengandalkan Dani Pedrosa yang berpengalaman. Pembalap uji kedua KTM, Mika Kallio, mengalami patah tulang tibia dan fibula saat mengendarai motor di atas permukaan es di Finlandia. Suzuki pun rajin melakukan tes. Sylvain Guintoli dan Takuya Tsuda sukses menggulung 77 lap.

Tes berlangsung pada hari Jumat mulai pukul 12 siang sampai jam 7 malam (CET). Bradl sudah memimpin di babak pertama dengan waktu 1: 56,920 menit dan mampu meningkatkan kecepatannya lagi. Dalam satu jam terakhir dia dengan jelas mencatatkan waktunya lagi. Persaingan juga meningkat, tetapi hanya Bradl yang bertahan di bawah waktu 1: 56 menit.

Sebagai perbandingan, catatan waktu tercepat terjasi pada tahun 2019 dengan 1: 53,546 oleh pembalap Yamaha, Maverick Vinales. Akibat krisis kesehatan, hanya pembalap Moto2 dan Moto3 yang berlaga pada 8 Maret 2020 di Sirkuit Internasional Losail. Namun pada Februari 2020, tes MotoGP IRTA telah berlangsung di sana.

Hasil Tes Shakedown MotoGP, Qatar, 5 Maret

1. Stefan Bradl, Honda, 1: 55.614
2. Tes 2, Yamaha, + 1.236
3. Tes 1, Yamaha, + 1,518
4. Enea Bastianini, Ducati, + 2.437
5. Michele Pirro, Ducati, + 2,442
6. Tes 3, Yamaha, + 2,624
7. Lorenzo Savadori, Aprilia, + 2.659
8. Luca Marini, Ducati, + 2.762
9. Sylvain Guintoli, Suzuki, + 3.000
10. Jorge Martin, Ducati, + 3.261
11. Dani Pedrosa, KTM, + 3.441
12. Takuya Tsuda, Suzuki, + 5,776
Aleix Espargaro (no time)

Leave a Reply