Stefan Bradl: Performa RC213V Sempurna, Indikasi Honda Digdaya, Awas Diserang ‘Status Ganda’

0

RiderTua.com – Tes rider Honda mengindikasikan RC213V terbaru lebih konsisten.. Stefan Bradl mengatakan bahwa tes yang dilakukan selama 3 hari, sempurna, performa RC213V meningkat…  “Saya jarang menjalani 3 hari tes dengan hasil yang bagus secara berturut-turut,” kata Stefan Bradl setelah finis di urutan ke-5 dalam tes kedua MotoGP pada hari Minggu di Qatar. Apakah ini pertanda performa Honda melesat dan digdaya tahun ini.. Awas nanti Bradl diserang karena berstatus ganda: sebagai tes rider yang merangkap pembalap reguler..

Stefan Bradl: Performa RC213V Sempurna

Pada hari Jumat lalu, Stefan Bradl berharap bahwa pembalap reguler akan mampu mengejar test lead dalam setengah hari atau sehari penuh, setelah dirinya mampu menorehkan catatan waktu terbaiknya.

Tapi tes rider Honda sekaligus pembalap pengganti Marc Marquez itu melakukan pekerjaannya dengan baik, pada hari Minggu di Sirkuit Losail. Dia masih berada di posisi ke-5 dalam tabel. Sementara itu pembalap reguler Honda seperti Pol Espargaro, Taka Nakagami dan Alex Marquez hanya berhasil duduk di posisi 12, 13 dan 14.

Hari Senin dan Selasa (8-9 Maret), para pembalap MotoGP menikmati libur dua hari di Doha. Sebelum mereka akan kembali bekerja selama 3 hari lagi, yang dimulai pada hari Rabu. Balapan ganda akan berlangsung di gurun pasir di Teluk Persia itu pada 28 Maret dan 4 April.

“Tes selama 3 hari bisa dibilang sudah berjalan sempurna. Saya jarang menjalani tiga hari tes yang baik secara berturut-turut. Kecepatannya tepat, dan sejauh ini kami telah menjalankan rencana tes kami tanpa insiden besar dan tanpa komplikasi besar. Itu sebabnya saya sangat puas dengan hasilnya,” ungkap pembalap asal Jerman itu.

Pembalap Honda itu berhasil memangkas waktu 0,733 detik (dari catatan waktu hari Sabtu) dan menorehkan 1: 54,210 menit di hari Minggu. Pada hari Jumat, dia memulai tes Doha dengan membukukan catatan waktu 1: 55.614 menit. Secara keseluruhan, dia meningkat 1,404 detik. Bradl ingin memecahkan rekor 1: 54 menit pada Jumat depan.

Pembalap berusia 31 tahun itu menambahkan, “Hari ini kondisi trek lebih baik. Dalam tiga hari tes, hari Minggu adalah kondisi terbaik. Dengan 29 pembalap, lintasan menjadi penuh. Saya bisa merasakan banyak abrasi karet dan cengkeraman yang sudah membaik. Meski demikian, ada beberapa crash karena di malam hari suhu menjadi lebih dingin.”

“Dan tentu saja setiap pembalap terlihat sedikit berlebihan. Untuk saya, hari ini saya bekerja dengan cukup baik. Saya dapat menandai tes dalam tiga hari pertama, dengan sangat memuaskan. Dan masih ada tiga lagi! Syukurlah kita sekarang memiliki istirahat dua hari.”

Performa RC213V Meningkat Indikasi Honda Digdaya

Di sore hari, Pol Espargaro pernah berada di belakang Stefan Bradl. Ini menunjukkan peningkatan efisiensi dari Honda RC213V.

“Saya pikir Pol cukup cocok dengan Honda. Kami sedikit berdiskusi. Dia terlihat cukup puas, tetapi katanya dia membutuhkan lebih banyak pemahaman. Itu jelas. Tapi Pol melakukannya dengan cukup baik pada debutnya di Honda. Kami juga bertemu sekali di trek dan kemudian melaju bersama dalam beberapa putaran,” ujarnya.

Bradl sekali lagi menunjukkan bahwa, pada usia 31 dan tahun ke-7 di Honda RC213V, dia tidak perlu bersembunyi dari sebagian besar pembalap reguler. Bradl berkata, “Jika saya melihat betapa seimbangnya MotoGP sekarang, saya dapat mengatakan bahwa saya berada di level yang tinggi. Saya senang, saya dapat mempertahankan kebugaran saya selama musim dingin. Dan saya dapat melanjutkan latihan di Portimao pada bulan November.”

“Saya mempersiapkan diri dengan sangat cermat untuk musim ini, juga karena saya tahu sejak awal bahwa Marc tidak akan kembali, setidaknya untuk tes. Saya menduga itu akan sangat melelahkan. Itu sebabnya saya bisa menjaga tingkat kebugaran saya dengan baik.”

“Logikanya, saya juga sudah meningkat sebagai pembalap, karena latihan yang rajin bikin sempurna penampilan. Tapi saat ini tidak ada yang bisa dimenangkan dalam tes, pada dasarnya ini tentang ‘golden pineapple’. Itu bagus dan memberi saya kepercayaan diri saat berada di garis depan. Tapi tugas saya sebenarnya hanya sebagai tes rider Honda, memilah suku cadang dan menguji komponen baru.”

Namun jika semua bersumber dari banyaknya ujicoba yang dilakukan Bradl dan nantinya dia tidak dibatasi ikut balapan pasti akan diserang lawan… Dengan mempermasalahkan status ganda-nya sebagai ‘pembalap semi reguler’…

Leave a Reply