Perodua Ativa ‘Daihatsu Rocky’ Resmi Dirilis di Malaysia

0
(Piston.my)

RiderTua.com – Sementara Rocky belum juga diluncurkan di Indonesia, negara tetangga sudah lebih dulu mendapatkannya. Hanya saja mobil small SUV ini disesuaikan dengan pasarnya, termasuk fitur dan namanya. Dikenal sebagai Perodua Ativa, model ini sekilas tak ada bedanya dengan Rocky di Jepang. Namun harganya lumayan lebih terjangkau.

Baca juga: Toyota-Daihatsu Mau Rakit Raize-Rocky di Indonesia?

Perodua Ativa Tak Ada Bedanya Dengan Rocky?

Mungkin sudah menjadi ‘kebiasaan’ bagi Perodua untuk melakukan sedikit pengubahan pada mobil yang akan dijualnya. Contohnya Sirion yang dikenal sebagai Axia, desainnya agak berbeda dengan aslinya. Rocky juga mendapat ‘perlakuan’ yang serupa, dan namanya berganti menjadi Ativa di Negeri Jiran.

Kalau dilihat sekilas mungkin masih sama saja dengan Rocky, hanya saja desain grille-nya dibuat sedikit berbeda dari model aslinya. Grille dan bumper yang lebih lebar seakan membuat mobil ini nampak lebih besar walau berupa small SUV. Tapi lampu depan, foglamp, dan desain peleknya tak mengalami ubahan apapun.

(Gempak)

Model SUV Gagah

Interior Ativa juga cukup berbeda dari Rocky, dengan paduan warna hitam dengan strip merah yang sporty. Lalu fiturnya ditambahkan, sehingga jauh lebih canggih dari modelnya yang ada di Negeri Sakura. Tapi tetap saja, sebagian besar masih tetap sama seperti Rocky biasa.

Ini juga berlaku pada platform-nya yang tetap memakai DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Untuk mesin juga sama, yaitu 1.000 cc 3 silinder turbo bertenaga 97 hp dan torsi 140 Nm, dipadu dengan transmisi CVT. Hadir dalam tiga varian, yaitu X, H, dan AV, Ativa dibanderol dengan harga Rp 216 juta sampai Rp 253 jutaan.

Mungkin harga ini lumayan terjangkau untuk mobil ukuran small SUV. Apalagi Ativa sudah mendapat relaksasi pembebasan pajak penjualan (mirip insentif pajak di Indonesia), layaknya Rocky di Tanah Air. Tak heran kalau Daihatsu sengaja meluncurkan keduanya di dua negara berbeda di waktu yang tepat ketika insentif pajak mulai diberlakukan.

Leave a Reply