Categories: MotoGP

Data Honda Bocor ke Yamaha? Crutchlow: Semua Pabrikan Memiliki DNA Masing-masing

RiderTua.com – Apakah data Honda bisa dibocorkan Cal Crutchlow ke Yamaha.. Dia berujar bahwa, semua pabrikan memiliki DNA dan filosofi masing-masing… Di MotoGP musim 2021, Cal Crutchlow tak lagi berada di grid start. Pembalap asal Inggris itu kini menjadi tes rider tim pabrikan Yamaha. Selama liburan musim dingin, dia berjuang melawan sakit punggung yang dideritanya semenjak balapan di Portimao pada November lalu. Meski begitu, dia ingin memberikan data penting kepada yamaha selama tes resmi pertamanya di Qatar.

Cal Crutchlow (Yamaha): Semua Pabrikan Memiliki DNA dan Filosofi Masing-masing

Cal Crutchlow untuk pertama kalinya melakukan tes shakedown di Qatar untuk Yamaha sebagai tes rider baru. Bagi pembalap asal Inggris itu, ini merupakan awal petualangan baru setelah dia memutuskan berhenti sebagai pembalap reguler.

“Saya memiliki daftar panjang pekerjaan yang harus saya selesaikan. Tapi bagi saya, pertama harus bisa beradaptasi dengan motor. Saya sudah mengendarai Honda dan Ducati selama 7 tahun terakhir. Sekarang saya berbagi waktu di trek dengan dua pembalap lain di Qatar. Ini jelas akan memakan waktu,” kata Crutchlow, memohon kesabaran dari Yamaha.

Selain Crutchlow, Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane mengumpulkan impresi di lintasan. Artinya, Yamaha berada di Qatar dengan membawa kontingen besar. Untuk pabrikan, ini tentang mendapatkan data sebanyak mungkin. Dibandingkan dengan kebanyakan pesaingnya, Yamaha belum pernah melakukan tes.

Menanggapi hal ini, Crutchlow berkata, “Itu bukan keputusan saya, itu keputusan Yamaha. Tapi saya senang bisa berada di sini. Kami ingin masuk ke Sepang, tetapi tidak berhasil karena pembatalan. Beberapa hari pertama tidak akan mudah, tetapi ada cukup banyak yang harus dilakukan.

Pemenang GP tiga kali itu mengalami musim dingin yang berbeda dari sebelumnya. “Itu adalah bulan-bulan yang sulit. Saya menderita sakit punggung bagian bawah sejak balapan Portimao, dan saya pergi ke rumah sakit setiap minggu. Kami masih tidak tahu apa yang menyebabkan rasa sakit itu. Sangat buruk sehingga saya bahkan harus istirahat dari bersepeda. Saya harap tidak ada masalah pada motornya,” ungkap papa Willow itu.

Pembalap yang Sarat Pengalaman

Dengan pengalaman lebih dari 150 kali di kejuaraan dunia balap motor, Crutchlow bergabung ke Yamaha. Dia sekarang memiliki berbagai pengalaman membalap di ‘kopernya’, yang ingin dimanfaatkan oleh tim barunya itu.

“Pertanyaannya adalah mengapa mereka memberi saya pekerjaan itu. Ini memudahkan saya untuk memahami dan mengevaluasi berbagai hal. Saya mengerti bagaimana melaju cepat dengan motor yang berbeda. Tentu, saya mengalami tahun yang sulit di Ducati, tapi saya naik podium di pabrikan ini juga dan cepat di akhir musim,” kenangnya.

Ketika Crutchlow ditanya, apakah Honda perlu khawatir dia akan membocorkan informasi internal setelah kepergiannya? Pria berusia 35 tahun itu menjawab dengan tegas, “Tidak ada rahasia. Saya membawa pengalaman saya sendiri. Saya tidak berpikir itu masalah bagi satu produsen untuk menyalin yang lain.”

“Semua memiliki DNA dan filosofi masing-masing. Saya akan memberikan tanggapan dan masukan. Dan tentu saja saya akan membandingkan kesan saya, dengan kesan yang saya kumpulkan dari masa lalu. Tetapi itu tidak secara otomatis berarti bahwa, informasi saya dapat ditransfer ke setiap motor.”

Rafie Satya Pradipta

Leave a Comment

Recent Posts

Honda Sulit Kompetitif : Part Baru di Portimao Tidak Banyak Membantu

RiderTua.com - Pekerjaan pengembangan Honda di MotoGP mengalami kesulitan. Seperti di Qatar, pada balapan akhir pekan Portugal, tidak banyak yang…

28 Maret 2024

Hyundai Siap Tingkatkan Produksi Mobil Listriknya di Indonesia

RiderTua.com - Penjualan mobil listrik Hyundai masih cukup bagus di Indonesia meski dengan kondisi pasarnya selama bulan lalu. Tapi setidaknya…

28 Maret 2024

Hyundai Kembali Menguji Palisade Facelift di Jalan

RiderTua.com - Hyundai mungkin memiliki divisi mobil mewahnya sendiri, yaitu Genesis. Tapi bukan berarti mereka hanya mengandalkan divisinya saja di…

28 Maret 2024

Alasan BMW Belum Umumkan Harga i5 di Indonesia

RiderTua.com - BMW telah meluncurkan i5 di Indonesia sebagai model baru untuk menambah lebih banyak line-up mobil ramah lingkungannya. Mobil…

28 Maret 2024

Mobil Baru Mercedes-Benz yang akan Diluncurkan di Indonesia Tahun Ini

RiderTua.com - Mercedes-Benz telah meluncurkan dua mobil baru di Indonesia, yaitu GLA Facelift dan GLE model terbaru. Meskipun begitu, mereka…

28 Maret 2024

Hyundai Umumkan Recall Mobil Listriknya, Indonesia Termasuk?

RiderTua.com - Sebelumnya Hyundai mengumumkan penarikan ratusan ribu unit mobil listriknya di Korea Selatan setelah ditemukan adanya cacat produksi. Tidak…

28 Maret 2024