Toyota-Daihatsu Mau Rakit Raize-Rocky di Indonesia?

0
(TopGear Malaysia)

RiderTua.com – Daftar mobil yang mendapat insentif pajak nol persen sudah keluar, dan ada 21 model yang mendapatkannya. Dari model low MPV sampai LSUV, semuanya akan mendapat keringanan harga yang lebih murah dari harga normalnya. Anehnya mobil kembar Rocky-Raize masuk ke dalam daftar tersebut. Padahal keduanya belum dirilis di Indonesia sampai sekarang.

Baca juga: Ini Deretan Mobil yang Mendapat Insentif Pajak Nol Persen

Mobil Kembar Rocky-Raize Masuk Dalam Daftar

Dari 21 model yang terdaftar menerima insentif pajak, ada dua model yang menjadi sorotan, yaitu Rocky dan Raize. Keduanya belum diluncurkan di Tanah Air sampai sekarang, tapi sudah masuk ke dalam daftar tersebut. Apalagi sampai sekarang Toyota dan Daihatsu belum mau berkomentar banyak soal jadwal peluncurannya.

Karena dua produk terbarunya bocor lewat daftar keringanan PPnBM 0 persen tersebut, akhirnya Astra Daihatsu Motor (ADM) buka suara. Mereka sudah mendaftarkan keduanya disitu, dan tertera kalau Rocky dan Raize bakal memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 70 persen. Artinya sudah jelas kalau kedua SUV ini bakal dirakit lokal setelah dirilis.

Duo SUV Rocky-Raize sudah terdaftar
(global.toyota)

Harga Lebih Murah

Meski memiliki TKDN lebih rendah dari model Toyota dan Daihatsu lainnya, tapi masih tetap mendapat insentif karena TKDN-nya mencapai 70 persen. Itu sudah memenuhi persyaratan yang sudah ada, sehingga kalau sudah dijual nanti harganya menjadi lebih murah. Walau baik Daihatsu maupun Toyota belum mau berkomentar banyak soal itu.

Apa yang akan dilakukan ADM ini hampir serupa dengan Perodua dengan Rocky di Malaysia. Mobil tersebut sudah dijual dan dirakit lokal, tapi dengan segala kelengkapan yang tak dimiliki oleh Rocky versi Jepang. Bahkan semua itu bisa ditebus dengan harga terjangkau, entah apakah ini harga yang dipatok dari Perodua atau pengaruh dari insentif pajak seperti di Indonesia.

Soal peluncurannya, ADM tak mau berkomentar banyak mengenai itu. Terlepas dari itu, kalau dilihat sepertinya Daihatsu yang akan menangani produksi Rocky dan Raize di Tanah Air, layaknya Avanza-Xenia. Sepertinya cukup menarik untuk menanti kehadiran mobil kembar dari kedua merek tersebut.

Leave a Reply