Segmen City Car Belum Stabil, Brio RS Tetap Laris Manis

0
(Honda Prospect Motor)

RiderTua.com – Seperti segmen mobil lainnya, segmen city car di Indonesia belum sepenuhnya memulih. Sejak tahun 2020 lalu, penjualan mobil kota cukup terpuruk, walau ada sebagian diantaranya yang mendapat hasil lebih baik. Penjualan city car Renault Kwid misalnya, yang mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya meski tak signifikan. Sementara model lainnya seperti Honda Brio RS dan Suzuki Ignis malah sebaliknya.

Baca juga: Ini Alasan Honda Rilis Brio RS Urbanite

Penjualan City Car Renault Kwid Mengalami Peningkatan

Boleh dibilang kalau Honda Brio RS masih memimpin kelasnya dengan hasil penjualan mencapai 1.390 unit pada Januari 2021. Meskipun begitu, hasil ini ternyata menurun 13,7 persen secara year-on-year. Tapi dengan hasil tersebut, Brio RS menjadi satu-satunya mobil kota yang terjual lebih dari 200 unit.

Model sekelasnya kebanyakan hanya mampu menjual dibawah 200 unit, contohnya Suzuki Ignis yang terjual sebanyak 189 unit di periode yang sama. Penurunannya cukup parah jika dibandingkan pada Januari 2020 yang bisa tembus 500 unit. Entah apakah Ignis mulai kehilangan momentum sejak model terbarunya dirilis di Tanah Air.

(Autos MaxAbout)

Kia Picanto Muncul Lagi

Sementara Renault Kwid mampu menjual hingga 15 unit, tapi hasil tersebut lebih baik dari bulan Desember 2020 yang hanya mencapai 4 unit saja. Mungkin kehadiran model terbarunya mampu menggenjot hasil penjualannya. Walau lebih sedikit, setidaknya itu jauh lebih baik dari apa yang diekspetasikan oleh Renault.

Rival Brio RS dan Kwid, Daihatsu Sirion, mencatatkan hasil lebih sedikit, yaitu hanya enam unit yang terjual. Tapi seperti Kwid, hasil ini lebih baik dari bulan lalu yang tak mencatatkan hasil penjualan sama sekali. Padahal Sirion sudah mendapat penyegaran sekitar setahun lalu.

Yang unik yaitu nama Kia Picanto yang muncul kembali dalam daftar, meski dapat menjual enam unit saja, seperti Sirion. Di periode yang sama pada tahun lalu, mobil ini tak mencatatkan hasil apapun alias kosong. Sepertinya persaingan di kelasnya membuat Picanto hampir tak berkutik.

Leave a Reply