Peralihan Divisi Volkswagen Motorsport Sudah Dimulai?

RiderTua.com – Sepertinya masa peralihan divisi Volkswagen Motorsport sudah dimulai sekarang. Merek mobil ini sudah memutuskan untuk mengakhiri divisi andalannya tersebut demi fokus ke pengerjaan produknya. Peralihan divisi Volkswagen Motorsport ke produksi mobil listrik akan menjadi tahap selanjutnya dalam strateginya. Seakan VW tak mau kalah dengan produsen lainnya soal model EV.

Peralihan Divisi Volkswagen Motorsport ke Produksi Mobil

Divisi Volkswagen Motorsport sudah berdiri selama lebih dari lima dekade, dan selama itu mereka sukses memenangkan sejumlah kompetisi balap. Dari Dakar Rally, TRC International, World Rally Championship, sampai Rallycross World Championship sudah banyak disabetnya. Sejumlah model seperti Touareg hingga Golf berbagai varian yang sudah diandalkannya sejak lama.

Semua itu cukup membawa Volkswagen meraih sejumlah gelar juara pada masing-masing ajang balap tersebut. Tapi itu semua akan menjadi kenangan yang takkan bisa terulang lagi di masa yang akan datang. Sebab Volkswagen akan mengakhiri divisi ini dalam waktu dekat demi fokus produksi mobil ramah lingkungan, terutama listrik.

Peralihan divisi Volkswagen Motorsport

Saingi Tesla

Tercatat ada 169 staf dalam divisi Motorsport tersebut yang akan segera dialihkan ke pusat. Dengan begitu, Volkswagen bisa fokus ke produksi mobil listrik tanpa adanya ‘gangguan’ dari divisi lainnya. Mungkin ada maksud lainnya selain itu, yaitu penghematan anggaran yang dikeluarkan di masa sulit seperti sekarang.

VW berencana untuk menginvenstasikan lebih banyak anggaran untuk pengembangan EV, termasuk line up ID. Mereka sudah punya model konsepnya untuk dijual kepada publik pada waktu yang akan datang, dan itu semua membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun VW tak terlalu khawatir akan hal itu, yang penting mereka bisa menyaingi produsen EV nomor satu di dunia, Tesla.

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk dkk ini sudah menjadi penguasa segmen EV selama ini, dan VW ingin menumbangkan kekuasaan Tesla. Mungkin kedengarannya itu akan menjadi rencana yang sangat ambisius. Dan pasti akan ada yang tak menyangka kalau semua ini terjadi setelah mengorbankan divisi Motorsport yang sudah mengharumkan namanya.

Be the first to comment

Leave a Reply