Nissan Mau Jual Mitsubishi, Aliansi Terancam Bubar!

RiderTua.com – Tiba-tiba saja Nissan mengumumkan mau jual Mitsubishi dalam waktu dekat. Tentu ini kabar yang mengejutkan, karena tentu saja keduanya sudah bergabung dalam aliansi, tapi karena tersandung masalah sehingga harus diselamatkan. Nissan mau jual Mitsubishi artinya akan membawa aliansinya dalam masalah lebih besar. Yaitu aliansi tiga sekawan ini terancam bubar begitu saja.

Nissan Mau Jual Mitsubishi akan Membawa Masalah?

Sebenarnya Nissan dan Mitsubishi sudah lama menjalin kerja sama diantara keduanya selain dengan Renault di aliansinya. Keduanya mampu melahirkan produk kembar seperti Xpander-Livina di Indonesia, dan mungkin masih banyak lagi rencana ke depannya. Bahkan ketiganya mampu setara dengan aliansi besar lainnya seperti Volkswagen dan Toyota.

Namun dengan kondisi sekarang ini membuat aliansi tiga sekawan Nissan sudah mulai terpuruk. Banyak cara dilakukan untuk mempertahankan kedudukannya di pasar, terutama ditengah situasi yang tak menentu sampai kini. Baik Nissan, Mitsubishi, maupun Renault tengah dihadapkan berbagai masalah yang cukup besar dampaknya.

Nissan mau jual Mitsubishi

‘Di Ujung Tanduk’

Ketika Nissan dan Renault sudah mampu menyelesaikan sebagian besar masalah yang dihadapinya, kali ini giliran Mitsubishi. Belakangan ini merek berlogo tiga berlian tersebut tersandung oleh skandal, sehingga mengancam reputasinya. Jika dibiarkan begitu saja, maka Mitsubishi bakal merugi 1,39 miliar dolar AS pada tahun 2020.

Sehingga untuk bisa menyelamatkan Mitsubishi, maka Nissan harus menjual Mitsubishi, atau setidaknya sahamnya dibeli oleh perusahaan lain. Namun ternyata rencana ini berpotensi menimbulkan masalah lainnya, yaitu aliansinya terancam bubar. Kedengarannya cukup ironis, karena dulu Nissan yang selamatkan Mitsubishi dengan membentuk aliansi.

Entah apakah ada perusahaan yang berminat ‘membeli’ Mitsubishi atau hanya sekedar membeli sebagian besar sahamnya. Walaupun dengan ini Nissan harus dihadapkan dengan dilema yang cukup berat untuk diatasi. Tapi mungkin mereka sudah tak punya pilihan lain selain harus memilih cara terakhir.

Be the first to comment

Leave a Reply