Hasil Tes Tabrak Suzuki S-Presso, Tak Dapat Bintang?

RiderTua.com – Mungkin tak ada yang menyangka kalau hasil tes tabrak Suzuki S-Presso ternyata cukup buruk dari yang diduga. Padahal seharusnya sebagai mobil baru tentu city car ini memiliki kelengkapan fitur yang memadai, nyatanya tidak. Hasil tes tabrak Suzuki S-Presso cukup tak menggembirakan, dengan skor nol bintang dari Global NCAP. Tentu hasil ini jauh lebih buruk ketimbang Kia Picanto di Amerika Selatan.

Hasil Tes Tabrak Suzuki S-Presso Tak Menggembirakan

S-Presso terhitung sudah menjadi produk baru Suzuki selama beberapa bulan terakhir di India, dan menjadi alternatif Ignis. Karena selain desainnya yang mirip dengan sang kakak, modelnya yang kompak membuatnya menjadi buruan konsumen. Terlebih model ini dibanderol cukup terjangkau, dan itu sudah tentu menjadi ciri khas mobil Suzuki yang dijual di Negeri Bollywood.

Tapi tentu saja dengan harga murah, banyak orang yang mempertanyakan kualitasnya. Itu terbukti setelah S-Presso diuji tabrak oleh Global NCAP (New Car Assessment Program) beberapa waktu lalu. Mobil baru Suzuki ini ternyata tak mencetak nilai yang sempurna untuk perlindungan penumpang dewasa, sedangkan untuk anak-anak masih lumayan bagus.

Hasil tes tabrak Suzuki S-Presso

Minim Fitur?

Untuk rating perlindungan penumpang dewasa, S-Presso tak mendapat bintang dan skornya nol dari total poin 17. Sementara perlindungan penumpang anak-anak masih sedikit lebih baik dengan rating dua bintang, dengan skor 13. Ternyata penyebab buruknya skor dari S-Presso ini yaitu soal fitur dan kekuatan struktur rangkanya.

S-Presso yang diuji adalah versi base, atau varian RHD tahun produksi 2020, kemungkinan itu varian standarnya. Fitur keselamatan yang dimilikinya hanyalah rem ABS serta driver airbag, tak ada fitur lain seperti front seatbelt pretensioner, dual airbag, sampai ISOFIX. Jadi tak heran kalau mobil ini mendapatkan hasil yang tak memuaskan.

Tentu hasil crash test S-Presso ini akan menjadi cobaan bagi Maruti Suzuki, terlebih setelah mereka mampu menjual sebanyak 75 ribu unit model tersebut. Pihak Suzuki divisi India sudah mendapatkan hasilnya, dan berjanji untuk memperbaiki kualitas S-Presso. Dalam arti lain, menjadikan hasil tersebut sebagai evaluasi perbaikan fitur keselamatan pada city car ini.

Be the first to comment

Leave a Reply