Suzuki Global yang Berjuang Ketika Penjualannya Turun

RiderTua.com – Selama ini Suzuki Global yang berjuang ketika penjualan mobilnya menurun. Padahal produsen otomotif ini biasanya mampu bertahan dengan sejumlah pasar unggulannya, tapi kini mereka tak bisa berbuat apa-apa. Suzuki Global yang berjuang untuk terus bertahan dengan hasil penjualan mobil yang pas-pasan. Mereka juga merilis sejumlah mobil baru yang dijual di sejumlah wilayah.

Suzuki Global yang Berjuang Untuk Bertahan

Penjualan mobil Suzuki pada awalnya terpantau baik-baik saja, tapi itu sebelum kondisi pasar roda empat mulai menurun performanya. Akibatnya tentu saja berdampak pada penjualannya yang disebut sudah anjlok, walau ada juga yang penurunannya tak seberapa. Namun di India, pengaruhnya sangat terasa bahkan berpengaruh besar pada pendapatannya.

Dari catatannya, Suzuki melihat ada penurunan drastis pada operating profit yang hanya sebesar 160 miliar yen. Masing-masing didapat dari kuartal pertama yang mencapai 55,9 miliar yen dan kuartal kedua 73,6 miliar yen. Meski kelihatannya seperti angka yang cukup besar, tapi angka ini masih dirasa sangat sedikit bagi Suzuki.

Suzuki Global yang berjuang
(tempo.co)

India Menjadi Andalan Suzuki

Kenapa bisa separah itu? Penyebabnya tak lain karena penurunan penjualan di pasar utamanya, yaitu di India. Negara ini memang sudah menjadi andalan Suzuki Global selama bertahun-tahun, terlebih penjualan mobilnya selalu menjadi unggulannya. India juga menjadi negara penyumbang setengah dari total penjualan mobil Suzuki Global.

Disana, Maruti Suzuki memiliki sejumlah model yang cukup beragam, sebagian diantaranya berupa mobil mungil dan murah meriah. Dari XL6 (XL7 di Indonesia), Ertiga, sampai Vitara Brezza semuanya ada di negara ini. Tapi apa daya, kondisi yang makin memburuk di India membuat Maruti Suzuki seolah tak berdaya menghadapinya.

Kalau di India bisa separah itu, bagaimana dengan Indonesia? Agaknya situasi pasar disini masih baik-baik saja, meski Suzuki tetap bersiaga jika kondisinya bisa menurun lagi. Untuk saat ini mereka masih berjualan mobil seperti biasa. Terlepas dari itu, dengan kondisi seperti sekarang membuat Suzuki Global belum yakin kalau mereka dapat memenuhi target penjualan mobil tahun 2020.

Be the first to comment

Leave a Reply